Teknik Dasar Wall Climbing

Posted on
Teknik-Dasar-Wall-Climbing-1

Artikel makalah Teknik Dasar Wall Climbing – meliputi dari pengertian, manfaat tujuan, perlengkapan, tempat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga diantara kita banyak yang belom tahu tentang olahraga yang satu ini tentang Wall Climbing, Apa itu Wall Climbing hal ini merupakan salah satu cabang olahraga yang di lakukan pada tempat yang terbuka dan memiliki cara yang berbeda dengan olahraga yang lainnya, olahraga ini terkadang di lakukan pada bukit, gunung dan pada tempat khusus.

Pasti penasaran kan sobat langsung saja simak penjelasan di bawak ini yang akan kami sampaikan secara rinci:

Pengertian Wall Climbing

Teknik-Dasar-Wall-Climbing

Wall climbing adalah salah satu jenis olahraga yang ekstrim dalam aktifitasnya adalah memanjat dinding buatan atau pada tebing gunung yang berbentuk seperti tebing dan dilengkapi dengan bebatuan-buatan yang berfungsi untuk pegangan tangan atau kaki.

Olahraga wall climbing ini menjadi olahraga yang sangat populer karena yang melakukan olahraga ini pada kalangan remaja laki-laki dan perempuan bahkan olahraga ini sering di gunakan untuk melatih para prajurit tentara dan polisi.

Olahraga ini sering disebut sebagai panjat tebing atau dengan kata kerenanya adalah wall climbing hal masih dianggap jauh lebih aman pada lingkungan yang harus memperhatikan kondisi alam sekitar sekaligus cuaca.

Maka dalam melakukan wall climbing ini ada beberapa teknik dasar yang harus di ketahui bagi orang yang suka dengan olahraga ini, dapat dipelajari dan dipraktekkan seperti yang kita ketahui.

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Kijang

Teknik Wall Climbing

Wall Climbingatau panjat tebing merupakan aktivitas yang ekstrem dapat membutuhkan berbagai persiapan fisik maka disini terdapat beberapa teknik yang harus di kuasai bagi setiap pemain.

Berikut beberapa teknik wall climbing adalah sebagai berikut ini :

1. Teknik Pegangan

Teknik pegangan adalah salah satu teknik dasar pada olahraga wall climbing atau panjat tebing berikut teknik pegang terdiri dari enam jenis yakni.

  • Pinch grip : adalah teknik yang dipakai untuk memegang tonjolan pada tebing dengan bentuk seperti mencubit
  • Cling grip : adalah teknik open akan tetapi gerakan ini lebih kecil dan mirip dengan pinch
  • Cling grip : adalah teknik yang sama dengan pada teknik cling grip namun dapat digunakan untuk menahan kekuatan tangan
  • Open grip : adalah teknik pegangan yang mengandalkan tonjolan tebing yang berbentuk datar dan lebar
  • Vertikal grip : adalah teknik pegangan yang berbentuk vertikal sehingga memakai berat tubuh

2. Teknik Free Climbing

Teknik Free Climbing merupakan teknik yang di dasari dengan kekuatan tubuh yang sesuai dengan namanya pada alat pengaman yang paling baik dan dapat menjaga keselamatan diri .

Dengan demikian teknik ini menggunakan adanya keterampilan yang diperoleh dari latihan dengan baik dan benar sehingga dapat mengikuti prosedur dalam permainan.

3. Teknik Pijakan

Dalam olahraga wall climbing terdapat empat jenis yang dinamakan teknik pijakan adalah .

  • Heel hooking: merupakan teknik yang digunakan untuk pijakan dengan menggantung kan tubuh sehingga kaki akan dapat menggantikan peran tangan
  • Edging: Merupakan teknik luar dari kaki atau sepatu dimana dengan penggunaan edging sebelah kiri
  • Friction step: merupakan teknik yang di gunakan pada permukaan dinding pada bagian bawah dan mengandalkan pada karet tersebut
  • Smearing: merupakan teknik berdiri pada pijakan tebing

4. Teknik Lay Back

Teknik lay back merupakan teknik dengan memanjat di celah vertikal yang memakai tangan hingga kaki dan dapat juga di perlukan pada bagian tepi celah.

Aakan tetapi teknik ini untuk menempatkan kedua kaki pada tepi celah yang berlawanan pada tebing sehingga tangan menarik ke arah belakang dengan benar dan kaki mendorong ke depan dengan berlawanan.

5. Teknik Fissure Climbing

Teknik Fissure Climbing dapat dipergunakan oleh anggota badan yang akan melakukan pijakan sehingga teknik ini memiliki cara nya adalah.

  • Jamming : adalah teknik dengan memanjat dan memanfaatkan celah yang tidak besar sehingga Jari tangan akan dapat dimasukkan celah tebing.
  • Chimneying :adalah teknik dengan memanjat yang berbentuk celah vertical dan memasukan tangan hingga menempel pada sisi tebing pada bagian depan
  • Bridging : adalah teknik dengan memanjat yang menggunakan kedua tangan sebagai alat pegangan pada tumpuan demi menjaga keseimbangan tubuh.
  • Lay Back : adalah teknik dengan memanjat pada tepi dan celah tebing tersebut dengan punggung sedikit miring untuk menenpatkan pegangan yang kuat.

Wall Climbing / Panjat Tebing Indoor

Olahraga ini meskipun berbahaya untuk melatih kemampuan dalam memanjatnya tetapi olahraga ini banyak sekali peminatnya untuk melakukan pendakian pada tebing sesungguhnya.

Bagi pemula yang perlu diingat untuk melakukan panjat tebing tidak hanya menyediakan peralatan tetapi harus di persiapkan mental yang kuat dan fisik yang sehat sehingga dapat melakukannya dengan maksimal dan tidak terjadi resiko yang sangat patal.

Baca Juga: Lari Jarak Pendek

Perlengkapan Wall Climbing

Dalam hal ini sebaiknya bagi peserta yang suka melakukan panjat tebing yang harus di perhatikan adalah perlengkapan untuk melakukan olahraga ini.

Berikut perlengkapan dalam olahraga panjat tebing adalah:

  • Sepatu yang merupakan kunci dalam panjat tebing
  • Memakai sepatu climbing yang lembut
  • Gunakan kaus kaki tipis
  • Dan alat lain yang harus di butuhkan

Manfaat Wall Climbing

Setiap cabang olahraga pasti memiliki manfaat yang luat biasa untuk tubuh sehingga dalam melakukannya peserta jangan khuatir didak mendapatkan manfaat nya.

Berikut manfaat olahraga Wall Climbing adalah :

  • Berguna untuk melatih koordinasi gerakan tubuh dan akan menghasilakan gerakan yang refleks pada aktivitas yang berat
  • Berguna untuk melatih keberanian dalam melakukan olagraga yang lainnya
  • Berguna melatih kehati-hatian dalam semua aktifitas yang di dasari olahraga yang menggunakan fisik.
  • Berguna untuk melatih kesiapan dan menjaga dalam jenis rintangan terlebih dahulu
  • Berguna untuk melatih otot-otot pada tangan atau otot kaki

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang olahraga wall climbing yang harus dikuasai semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih teleh berkunjung ke halaman Web kami

Baca Juga: Teknik Bola Tangan