Teknik Lari Estafet

Posted on
Teknik-Lari-Estafet

Artikel makalah Teknik Lari Estafet – meliputi dari pengertian beserta sejarah, teknik, peraturan, bentuk, lapangan, cara, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga kali ini kami akan membahas tentang Lari estafet – Apa itu lari Estafet, Lari estafet merupakan salah satu cabang olah raga dalam teknik berlari yang dilaksanakan secara beranting atau bergantian karena hal ini dapat dilakukan dengan satu regu lari sambung.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Lari Estafet

Lari-Estafet

Lari Estafet Merupakan salah satu cabang olahraga yang berkompetisi balap dimana yang dimana anggota secara tim akan bergiliran untuk menyelesaikan bagian dari arena melaui serangkaian dengan kegiatan untuk mengoper kan tongkat.

Lari estafet sebenarnya pelari harus menyerahkan tongkat ke pelari yang berikutnya pada zona yang tertentu sehingga dapat juga ditandai dengan segitiga di dalam trek.

Balap lari estafet untuk mentransfer tongkat yang berada pada kepalan tangan kepada tim anggota yang seregu untuk mencapai garis finisih yang di lakukan pelari kemudian akan membuka tangan mereka di bagian belakang setelah mencapai garis finis.

Dengan demikian pelari biasanya dapat munggunakan dimana pelari akan berusaha mungkin dapat melakukan dengan sekuat mungkin dalam lari nya untuk mencapai tingkat pertama yang masuk dalam garis finis.

Baca Juga: Tes Kebugaran Jasmani

Sejarah Lari Estafet

Sejarah dalam lari estafet sebuah informasi yang cukup menarik yang dapat diketahui secara umum karena hal ini merupakan olahraga yang membutuhkan kerja sama dengan tim atau dalam satu regunya.

Seperti namanya proses estafet berdirinya olahraga ini telah lama berdiri sejak zaman melayu pada tahun 1969 yang silam, oleh seseorang yang ahli di bidang olahraga untuk menghasilkan atlit-atlit yang handal dalam bidang olahraga ini.

Namun lari estafet ini sudah cukup populer di karenakan keberadaannya di seluruh negara bahkan di dunia telah mengadakan perlombaan olahraga dalam tingkat dunia bahkan Indonesia sendiri telah memiliki catatan yang cukup banyak dalam cabang olahraga yang satu ini.

Teknik Lari Estafet

Seteleh mengetahui beberapa penjelasan di atas maka lari estafet ini juga terdapat beberapa teknik yang harus di ketahui oleh setiap peserta.

Berikut beberapa teknik yang perlu dipelajari dalam memainkan lari estafet atau lari sambung ini:

A. Teknik Start Lari Estafet

Teknik Start Lari Estafet adalah teknik awal pada posisi yang pertama pada saat start taitu dengan melakukan jongkok ketika start akan di mulai sehingga harus diperhatikan pada posisi tangan yang berada di belakang garis sehingga tongkat dapat dipegang tidak menyentuh garis start.

B. Teknik Memegang Tongkat Estafet

Teknik Memegang Tongkat Estafet adalah teknik dimana pelati harus memegang tongkat dengan benear, dan pada ujung tongkat sampai setengah bagian dengan, sedangkan setengah bagian tongkat dapat pula dipegang oleh penerima tongkat estafet yang berikutnya.

C. Teknik Memberi dan Menerima Tongkat Estafet

Teknik Memberi dan Menerima Tongkat Estafeadalah teknik yang dimana pelari akan melakukan untuk pergantian tongkat yang disebut wissel, sehingga semua kegiatan dalam memberi atau dalam menerima tongkat akan dapat dilakukan dengan baik, sehingga pelari dapat melakukan ergantian tongkat dengan baik dan dapat mencapai garis finis dengan cepat.

Strategi Penyusunan Lari Estafet

Supaya dapat melakukan prestasi secara yang maksimal maka diperlukan juga strategi dalam pemilihan pelari yang handal.

Diantara beberapa beberapa strategi hal yang wajib di perhatikan sebelum melakukan lari estafet adalah sebagai berikut :

1. Strategi Pada Pelari Pertama

  • Pilihlah pelari yang baik hingga dapat memiliki keahlian dalam berlari pada saat di tikungan
  • Pilihlah pelari yang tercepat dalam tim agar dapat memberikan posisi untuk memimpin pelari yang baik

2. Strategi Pada Pelari Kedua

  • Pelari kedua mempunyai tanggung jawab sebagai penerima sekaligus pemberi
  • Pelari kedua harus mempunyai daya tahan yang baik, sebab ia harus berlari cepat menempuh jarak 120 m sampai dengan130 m
  • Pelari yang kurang bisa ditikungan dapat dipilih sebagai pelari nomor dua

3. Strategi Pada Pelari Ketiga

  • Pelari ketiga harus memiliki keahlian lari di tikungan
  • Pelari ketiga harus memiliki daya tahan sebagai pelari 200 m
  • Pelari ketiga juga harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar sehingga dapat bertindak sebagai penerima dan pemberi tongkat

4. Strategi Pada Pelari Keempat

  • Pelari keempat memiliki daya yang besar sehingga dapat melakukan pelari ini untuk menentukan kemenangan atau kekalahan bagi tim dan regu
  • Pelari keempat harus pelari tercepat pertama atau kedua dalam tim.

Baca Juga : Lari Cepat

Aturan Dasar Lari Estafet

Balapan estafet atau lari estafet memiliki beberapa peraturan yang mengenai dengan penggunaan tongkat pada peraturan tersebut.

Berikut beberapa peraturan yang harus diterapkan di dalam lari estafet :

Peralatan : Adalah hal yang harus di perhatikan karena dapat melakukannya dengan baik untuk lari estafet ini di antaranya,

  • Tongkat yang berbentuk seperti tabung yang terbuat dari kayu
  • logam atau material yang berbahan dasar seperti kaku
  • Memiliki ukuran panjangnya antara 28-30 cm diameter dengan panjang mencapai 3,81 cm dan beratnya minimal 50 gram

Penggunaan tongkat : Adalah hal yang harus di perhatikan karena pelari dapat melakukannya dengan baik untuk lari estafet ini diantaranya :

  • Kehilangan tongkat untuk menjatuhkan hingga dapat dilakukan pada lari estafet ini mencapai 4 x 100 meter
  • Kejatuhan tongkat pada tidak di diskualifikasi karena jarak tempuhnya masih jauh

Diskualifikasi dalam Lari Estafet

Beberapa tindakan yang di lakukan oleh pelari juga dapat mempengaruhi dalam konsentrasi tim dalam kompetisi yang salah dan dapat menyebabkan diskualifikasi.

Kesalahan yang terdapat dalam hal tersebut antara lain adalah :

  • Memberikan tongkat estafet pada tempat yang bukan zona pertukaran
  • Salah memulai biasanya sekali atau dua kali
  • Tidak benar menyalip pesaing lain
  • Mencegah pesaing lain lewat
  • Dengan sengaja menghambat atau meghalang-halangi atau mengganggu pesaing lain

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Teknik Lari Estafet dan di sertai beberapa tujuan dan manfaat, Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dalam memahami tentang olahraga dan semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih teleh berkunjung di halaman Web kami

Baca Juga: Lari Jarak Pendek