Teknik Lari Maraton

Posted on
Teknik-Lari-Maraton

Teknik Lari Maraton – meliputi dari definisi dan pengertian, manfaat, sejarah, tujuan dasar, peraturan, lapangan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Halo sobat olahraga, kali ini kami akan membahas tentang leri meraton, apa itu lari meraton- meraton adalah berlari dengan jarak yang jauh hingga akan membuat kaki lebih capek ketimbang jenis lari yang lainnya hal ini juga merupakan aktivitas yang menggunakan titik dalam mengahiri dalam berlari.

Penarankan lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Maraton Adalah

Lari-meraton

Lari Maraton merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dalam melakukannya sehingga jarak yang akan di tempuh kurang lebih  41,8 kilo meter di mulai dari garis start.

Olahraga ini sering diadakan dalam ajang perlombaan Olimpiade unutk membawa kemenangan dari beberapa negara yang mengikuti olahraga tersebut.

Olahraga maraton kini banyak sekali peminatnya yang akan mengenalkan keahliannya dalah bidang olahraga ttersebut sehingga lari maraton kebanyakan di ikuti dari kalangan anak-anak dan orang dewasa laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Lari Jarak Pendek

Sejarah Lari Meraton

Olahraga Marathon awalnya dari bahasa daerah Yunani dan didirikan Pada tahun 490 SM hingga saat ini sering terjadi pada sebuah Pertempuran dalam olahraga Marathon di Yunani.

olahraga meraton ini telah di kenal banyak di berbagai negara bahkan sampai ke penjuru dunia, hal ini di karenakan telah banyak orang yang menyukai olahraga ini dalam Olimpiade di era modern disebut dengan Marathon.

Baca Juga: Teknik Dasar Wall Climbing

Teknik Dasar Lari Meraton

Ada beberapa teknik dalam permainan ini yang harus di ketahui setiap peserta dalam meraton untuk mendapatkan kemenangkan yang akan di harapkan.

Berikut beberapa teknik dalam olahraga meraton adalah sebagai berikut :

1. Teknik Start

Teknik Start Pada lari maraton ini merupakan teknik dasar yang harus di ketahui untuk dapat melakukannya dengan benar sehingga harus memperhatikan beberapa tahapan adalah sebagai berikut.

  • Teknik Tahap pertama – adalah tahap persiapan dan untuk melakukannya ada penggunaan hitungan satu. Itu artinya setelah itu pelari bersiap dengan tubuh menghadap arah tujuan lari sambil lutut direndahkan. Pada tahap ini, pastikan bahwa pandangan Anda juga lurus ke depan.
  • Teknik Tahap kedua – adalah teknik dalam keadaan siap seperti pada hitungan atau aba-aba dari hakim garis start.
  • Teknik Tahap ketiga – adalah teknik dalam keadaan berlari dengan kaki ke depan dan hitungan du mulai seharusnya sudah mulai berlari.
  • Teknik start berdiri – adalah teknik dalam keadaaan siap dan diberikan tandan dari hitungan oleh setiap pelari.

2. Teknik Berlari

Pada teknik belari perlu memerhatikan postur tubuh yang benar serta tenaga yang kuat supaya dapat melakukannya dengan baik.

Pola Langkah Kaki – Langkahkaki adalah suatu hal yang dianggap paling efisien dalam olahraga ini sehingga dapat membantu setiap pelari dengan gerakan cepat membuat fisik lebih leleah.

Postur Tubuh – postur tubuh adalah performa pada saat berlari yang ditentukan oleh bentuk atau postur tubuh selama berlari sehingga dapat melakukannnya dengan baik.

Gerakan Tubuh – gerakan tubuh adalah hal yang peling penting dalam olahraga ini karena maraton sanagat diperlukan adanya gerakan tubuh yang baik.

Posisi Injakan Kaki – injakan kaki adalah poin vital setiap pelari harus fokuskan pada posisi injakan yang harus di perhatikan sewaktu berlari karena melangkah agak lebih ke depan dengan stride pendek.

Titik Injakan – Titik injakan adalah hal yang paling penting dalam meraton sehingga bagian telapak kaki akan menjadi pemicu otot betis yang lebih kuat.

Gerakan Lengan – gerakan lengan adalah teknik gerakan yang di lakukan oleh tubuh pada saaat lari maraton karena gerakan lengan harus diperhatikan untuk menyeimbangkan gerakan kaki.

3. Teknik Finish

Teknik Finish adalah teknik yang di tunggu-tunggu bagi peserta lari meraton untuk mendapatkan hasil kemenangan atau finish hal ini merupakan momen ketika pelari memasuki garis finish.

Dengan demikian kecepatan dalam meraton sangat dianjurkan untuk pelari membusungkan dada ketika masuk ke garis finish karena utnuk menentukan pemenang dalam perlombaan

Tips Lari Meraton

Lari maraton memang terkadang berat untuk melakukannya karena dengan jarak tempuh yang sangat jauh dan pesertanya harus berlari dengan cepat untuk mencapai garis finis.

Meski terkadang berat dalam melakukannya olahraga ini banyak sekali manfaat untuk kesehatan maka dari itu harus di perhatikan beberapa tip hyang harus di ketehui setiap peserta.

Berikut beberapa tips untuk menjalankan olahraga meraton adalah sebagai berikut

  • Latihan pernapasan
  • Latihan lari
  • Disesuaikan dengan tubuh
  • Menjaga makanan

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang olahraga meraton semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung ke halaman Web kami

Baca Juga: Olahraga Bowling