Teknik Lompat Jauh

Posted on

Teknik Lompat Jauh – Apa itu teknik lompat jauh? Teknik ini adalah salah satu cara yang di gunakan oleh banyak orang untuk melakukan lompat jah yang sempurna tanpa menimbulkan cidera. Adapun bebrapa teknik lompat jauh adalah sebagai berikut :

Teknik Lompat Jauh

1. Teknik Awalan

Kuda – kuda lompat jauh dengan lompat tinggi sangat jauh berbeda. Pasalnya pada lompat jauh di lakukan dengan awalan lari se kencang mungkin hingga dapat mencapai tolakan terkuat sehingga dapat melayang sejauh mungkin.

Untuk mendapatkan lompat jau yang sempurna maka anda bisa menggunakan awalan dengan lari di tempat untuk mempermudah anda melakukan tolakan dan lepas landas.

Lari di tempat ini sebagai salah satu pemanasan sebelum anda melakukan lompat jauh. Keseimbangan tolakan dengan jarak papan atau jarak loncatan harus tepat.

2. Teknik Tolakan

Ini merupakan salah satu teknik di mana tempat berpindahnya kecepatana vertikal yang di capai saat lari di kecepatan horisontal. Hal ini bertujuan agar badan melayang jauh.

Para atlit lompat jauh akan menggunakan kaki yang paling kuat untuk melakukan tolakan yakni dengan cara mengayukna kaki ke depan dengan posisi tanagn ke atas.

Kombinasi antara tolakan ke atas dan kecepatan yang baik maka akan menjadikan tubuh lebih enteng sehingga dapat melayang sejauh mungkin bahkan biasanya dapat melayang dengan lama.

Tentunya ini di lakukan bertujuan untuk menghasilkan jarak loncatan yang jauh. Inilah hal – hal yang di lakukan untuk membuat tolakan anda jauh ktika melakukan lompat jauh, di antaranya :

  • Ketika melakukan sebuah tolakan maka anda harus menggunakan kaki yang paling kuat baik kaki kiri atau kanan
  • Condonkan badan kedepan saat akan bertumpu
  • Saat berada di papan tumpuan maka lakukanlah tumpuan
  • Gunakan kaki kanan atau kiri sebagai kaki ayun. Kemudian di angkat condong kedepan beserta posisi lutut tertekuk

3. Teknik Melayang (Sikap Badan di Udara)

Teknik Lompat Jauh

Saat tubuh anda di udara maka anda bisa mengayunkan kaki kanan secepat mungkin mengarah ke depan. Di saat sudah mencapai ke titik yang paling tinggi dari posisi anda melayang maka aturlah kaki menyerupai duduk atau jongkok.

Ini di lakukan saat sesudah melayang kemudian ulurkan kaki lurus kedepan. Maka badan anda akan condong kedepan saat pendaratan. Cara melakukan teknik ini dengan benar adalah sebagai berikut :

  • Ayunkan kaku ke depan dan keatas saat anda melakukan tolakan
  • Turunkan kaki saat anda melayang di udara. Pada saat itu juga anda mendorong pinggul mengarah ke depan dengan posisi mengadah dan membusungkan dada di sertai posisi tangan ke belakang
  • Pada saat akan mendarat maka ayunkan kaki anda keduannya. Kemudian bungkukan tubuh anda dengan kepala tertunduk.

Beberapa teknik melayang adalah sebagai berikut :

Melayang dengan sikap jongkok

Teknik Lompat Jauh

Posisi ini adalah di mana posisi menumpu kaki setinggi mungkin sesuai kemampuan diri anda sendiri. Kemudian di susul dengan kaki tumpuan. Pada saat anda di posisi melayang maka letakan kaki mengarah kedepan.

Melayang dengan sikap melayang

Dalam sikap ini maka anda hanya membiarakan kaki menggantung saat menumpu. Namun tubuh anda harus tetap tegak dengan di susul kai tumpuan dan tekuk lutut di sertai gerakan dorongan pinggul ke depan. Rentangkan lengan anda keatas untuk menyeimbangkan tubuh.

Melayang dengan sikap berjalan di atas udara

Ayunkan kaki anda ke belakang dengan cepat kearah atas pada saat anda melayang. Ini seperti gerakan saat anda melangkah di udara

4. Teknik Pendaratan

Teknik ini adalah gerakan terakhir pada lompat jauh. Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda melakukan teknik ini adalah sebagai berikut :

  • Teknik ini harus anda lakukan dengan kesadaran yang penuh dan tetap fokus. Ini untuk membuat anda terhindar dari cidera.
  • Gunakan kedua kaki seperti posisi sejajar untuk menghindarkan anda dari segala cidera kaki saat pendaratan.
  • Tetap julurkan kaki kedepan saat pendaratan sebelum tumit menyentuh pasir. Selain itu posisi kaki juga harus berdempetan karena jika makin berjauhan maka jarak lompatan akan berkurang.
  • Sebaiknya saat tumit anda menyentuh darat maka anda harus mencondongkan badan ke depan dengan lutut di tekuk. Hal ini di lakukan untuk mengurangi adanya cidera pada pantat.
  • Jangan berusaha kembali ke tempat tumpuan saat anda sudah akan mendarat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai teknik lompat jauh dengan kemasan lebih detail lagi.

F.A.Q

Apa itu teknik lompat jauh?

Teknik ini adalah salah satu cara yang di gunakan oleh banyak orang untuk melakukan lompat jah yang sempurna tanpa menimbulkan cidera.

BACA JUGA :