Teknik Memanah

Posted on
Teknik-Memanah

Artikel makalah Teknik Memanah – Meliputi dari pengertian, teknik dasar, syarat, sikap, aspek, contoh dan gambar supaya lebih mudah untuk memahami nya.

Memanah merupakan hal yang sangat populer di zaman sekarang karena olahraga ini adalah kegiatan fisik yang sering di lakukan pada kalangan remaja laki-laki dan perempuan muslimah, dan olah raga ini juga sangat mudah dalam melakukannya meski terbilang mudah tidak banyak orang yang suka dengan olahraga ini .

Untuk lebih mudah dipelajari simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Memanah Adalah

Gambar-memanah

Memanah merupakan salah satu cabang dari olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sehingga dengan melakukan memanah secara tidak langsung sudah menjalankan perintah Nabi.

Memanah bukan hanya jenis olahraga tetapi memanah juga bisa membuat otak menjadi segar dan badan juga akan terasa sehat, akan tetapi untuk melakukan olahraga ini perlu waktu dan menguasai beberapa jenis olah raga yang lainnya juga.

Memanah adalah aktifitas dengan sasaran dan fokus pada tujuan titik konsentrasi serta harus menjaga keseimbangan tubuh, dengan demikian memanah sangat lah perlu di lakukan untuk mengisi kegiatan sehari-hari.

Baca Juga :Tes Kebugaran Jasmani

Teknik Dasar Memanah

teknk-memanah

Berdasarkan kegiatan dalam mempelajari olahraga memanah maka seorang pemanah harus menguasai teknik dalam melakukan memanah sehingga dengan mudah menuju pada titik tujuan.

Diantara beberapa teknik yang terdapat pada olehraga memanah ini adalah:

Teknik Menjangkarkan Lengan Penarik – adalah bentuk dan gerakan tangan saat memanah pada bagian dagu sehingga dapat diperhatikan sebagai tempat penjangkaran tangan untuk penarik tali dan harus tetap sama kemudian kekuatan tangan harus menempel di bawah dagu.

Teknik Menahan Sikap Panahan – Teknik ini adalah salah satu bentuk dengan sikap yang yang fukus dan konsentrasi, sehingga memanah setelah anchoring atau sebelum anak panah dilepaskan.

Teknik Mengangkat Lengan Busur – dalam teknik ini hal yang harus di perhatikan adalah ketika mengangkat lengan saat memanah dan pemanah harus rileks sehingga tali dengan mudah ditarik dengan menggunakan jari tengah dan jari manis.

Teknik Menarik Tali Busur (Drawing) – Dalam teknik ini hal yang harus di perhatikan juga adalah ketika gerakan saat menarik tali sampai menyentuh dagu sehingga bibir atau hidung terlihat rileks.

Teknik Melepas Tali/Panah – adalah salah satu gerakan dengan cara merilekskan jari-jari saat memanah sampai melepas panah dengan baik untuk mencapai target pada titik yang di inginkan.

Teknik Menahan Sikap Panahan – Adalah sikap untuk diam beberapa saat setelah anak panah meninggalkan busur sehingga teknik ini bertujuan sebagai memudahkan pengontrolan gerak manahan pada saat melakukan star memanah.

Teknik Membidik – Dalam membidik adalah untuk menentukan target pada titik kordinat untuk seorang pemanah dan melihat targetnya sebelum anak panah dilepaskan

Teknik Sikap Berdiri – dengan teknik ini hal yang harus di perhatikan adalah sikap berdiri dalam olahraga manahan karena yang paling banyak digunakan dengan sikap sejajar atau square stand.

Teknik Memasang Ekor Panah – adalah salah satu teknik yang paling dasar termasuk teknik kunci dalam olahraga manaha karena hal ini dapat untuk menentukan titik terget dengan sempurna.

Syarat Untuk Memanah

Dari beberapa penjelasan di atas mengenai teknik memanah maka terdapat pula syarat dalam kegiatan olah raga ini.

Diantara Syarat tersebut adalah :

  • Syarat Pertama: Memiliki berat badan yang ideal sehingga saat berdiri kedua kaki haru seimbang dengan persentase sekitar 60-70 % pada bola kaki sedangkan sisanya sekitar 30-40 % pada pertemuan tumit kaki.
  • Syarat Kedua: memiliki posisi tubuh yang kuat dan harus seimbang serta berdiri dengan tegak sehingga dalam memanah tidak mudah lepas konsentrasi dan dapat melakukan gerakan dengan sempurna.

Baca Juga: Teknik Dasar Futsal

Sikap Dalam Memanah

Olahraga memanah tidak hanya membutuhkan keterampilan dan konsentrasi tetapi olahraga ini juga membutuhkan sikap yang harus di lakukan pada saat memanah.

Berikut beberapa Sikap dalam memanah yaitu :

  • Square or Parallel Stance adalah sikap dengan posisi kaki yang sejajar dengan lanta serta meluruskan kedua ujuang kaki membentuk sudur 90o.
  • Open Stance adalah posisi kaki terbuka sedikit lebar sehingga sedikit maju ke depan pada sasaran target membentuk sudut 60o.
  • Close Stance adalah posisi kaki saat berdiri di atas lantai dengan menyentuh garis khayal membentuk sudut 120o.
  • Oblique Stance adalah membentuk pisisi bagian ujung kaki kearah depan yang dan dada membentuk sudut 45o.

Aspek Dalam Memanah

Dalam olahraga manah ini pastinya membutuhkan keterampilan bahkan konsentrasi untuk mendapatkan aspek yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Diantara beberapa aspek tersebut adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan otot pada bagian bahu saat menarik busur
  • Saat melakukan drawing harus bernapas sehingga busur diangkat dengan menggunakan teknik pernapasan diafragma
  • Tarik dengan lurus sesuai dengan pada lintasan tali hingga menyentuh dagu Sekitar 2-3 inch di bahwah anchor point
  • Saat busur diluruskan tampak berbentuk huruf “V” sehingga otot tricep pada lengan membantuk bow shoulder atau tidak menonjol.

Demikian yang dapat kami sampaikan sebuah informasi tentang teknik memanah beserta syarat dan manfaatnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga :Teknik Billiard