Teknik Olahraga Skipping

Posted on
Teknik-Olahraga-Skipping

Artikel makalah Teknik Olahraga Skipping – Meliputi dari beberapa pengertian, manfaat, tips, tujuan, sejarah, cara, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat pencinta olahraga Skipping juga merupakan salah satu cabang dan jenis olahraga yang banyak digemari dari kalangan anak-anak bahkan orang dewasa sekalian terutama untuk perempuan yang bertujuan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pada tubuh, olahraga ini juga sangat mudah untuk dilakukan, supaya tidak penasaran?

Langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Skipping Adalah

Teknik-olahraga-skipping

Skipping atau lompat tali adalah salah satu cabang olahraga yang sangat efektif dilakukan karena berfungsi untuk menambah tinggi badan serta dapat menurunkan berat badan.

Skipping juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan untuk menambah kekuatan pada tubuh karena olahraganya ini sangat mudah dilakukan pada tempat-tempat yang terbuga.

Ada berbagai cara dan trik untuk melakukan lompat tali. Namun, gerakan lompat tali yang paling dasar adalah melakukan lompat tali menggunakan dua kaki sekaligus, atau menggunakan satu kaki secara bergantian.

Meski olahraga ini terbilang hal yang ekonomis dan banyak yang menyepelakan manfaatnya tetapi latihan ini sangat baik untuk mengisi waktu luang.

Dengan demikian olahraga skipping atau yang sering di kenal sebagai olahraga lompat tali, kegiatan ini akan mendapatkan suber Vitamin D yang terbaik karena penyerapan kalsium.

Baca Juga: Manfaat Lari Pagi Dan Sore

Teknik Skipping Yang Benar

Setelah mengetahui beberapa penjelasan yang singkat di atas maka olahraga skipping ini juga memiliki bebera teknik yang benar dalam melaksanakannya

Berikut teknik melakukan olahraga skipping atau lompat tali yang benar adalah sebagai berikut :

  • Pastikan Panjang tali sesuai dengan tinggi badan sehingga untuk melakukannya mudah mengetahui dan rentang dengan mudah.
  • Gerakkan pada pergelangan tangan memutar ke arah belakang dan untuk memutar tali dapat di lakukan dengan maksimal.
  • Pastikan kedua telapak tangan memegang tangkai dengan sempurna
  • Angkat kaki secara bersamaan apa bila hendak melakukan skipping 
  • Mulai gerakan dengan benar dan posisikan kedua lengan ke atas kepala dan melakukannya kurang dari 45 menin
  • Pastikan melompat jangan terlalu tinggi dari lantai
  • Saat melakukan lompat skipping pandangan selalu lurus ke depan dan fokus
  • Setelah selesai lompat skipping jangan lupa minum Air Mineral untuk menetral kan gerakan

Baca Juga: Teknik Senam Aerobik

Manfaat Skipping Kesehatan Tubuh

Seseorang yang telah melakukan skipping pastinya harus mengetahui juga manfaat dari gerakan ini karena untuk menambah semangat dalam olahraga tersebut.

Berikut manfaat lahraga skipping di antaranya adalah :

A. Meningkatkan kecerdasan

Dengan rutin melakukan olahraga ini pastinya mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa sehingga olahraga skipping ini dapat meningkatkan kecerdasan dan membantu perkembangan otak kiri dengan keterampilan dalam membaca.

B. Pembentukan otot

Manfaat skipping juga bisa dapat pembentukan otot tubuh dan biasanya, otot pada bagian lengan kaki, dan perut serta dapat membakar lemak memulai skipping.

Dengan demikian olahraga skipping tersebut bisa menyelimuti otot-otot namun jangan khawatir itu semua efek dari pembentukan karena telah melakukan gerakan dengan benar.

C. Membuat Tubuh Lebih Bugar

Meski skipping terkesan dengan olahraga yang sangat mudah di lakukan tetapi alahraga skipping bisa membuat tubuh menjadi lebih lentur dan bugar.

D. Membakar kalori

Manfaat skipping pastinya dapat membantu dalam Membakar kalori yang jahat pada tubuh seingga berguna bagi karena olahraga ini memaksa tubuh untuk melakukan lompatan dan dampaknya akan membakar kalori dan membakar lemak serta mengurangi kolesterol.

E. Meningkatkan Kesehatan

Secara otomatis dalam melakukan skipping ini pastinya dapat Meningkatkan Kesehatan dan sistem kardiovaskular akan menjadi lebih bugar sehingga semakin nyaman untuk melakukan aktivitas fisik ini.

F. Melatih Pernapasan

Manfaat skipping yang lainnya yang pasti dapat Melatih Pernapasan dan meningkatkan efisiensi hal ini sangat bermanfaat karena melakukan aktivitas ini banyak tenaga yang terkuras.

G. Meningkatkan Sistem Koordinasi

Manfaat skipping pastinya dapat Meningkatkan Sistem Koordinasi yang banyak sehingga kemampuan nya untuk membuat Anda lebih fokus dalam melakukan olahraga ini karena banyak menggerakan bagian kaki.

H. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Latihan di lakukan dengan baik dan benar pastinya akan Meningkatkan Kepadatan Tulang namun kegiatan ini terlebih dahulu harus konsultasikan terlebih dengan dokter apa bila terjadi kesalahan dalam melakukan gerakan.

I. Mengurangi Cedera Pada kaki

Melompat dengan baik dan benar pastinya akan Mengurangi Cedera Pada kaki hal ini membutuhkan pikiran agar dapat penyesuaian otot saraf demi menciptakan gerakan dengan benar.

Dengan demikian daya tahan otot akan di rasakan apa bila melakukannya tidak sesuai dengan teknik yang benar khususnya pada bagian kaki akan mengakibatkan hal yang patal di sekitar otot pada bagian kaki.

Nah sobat olahraga demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang teknik olahraga skipping beserta manfaat dan tujuan, semoga dengan adanya artikel ini sedikit membatu kita untuk melakukan olahraga ini, dan semoga bisa berguna dan memberikan manfaat untuk kita semua.

Terima Kasih

Baca Juga: Senam Lantai