Teknik Senam Aerobik

Posted on
Teknik-Senam-Aerobik-1

Materi makalah Teknik Senam Aerobik – meliputi dari beberapa pengertian, gerakan, bentuk, fase, teknik gerakan kaki, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Aerobik merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan menggunakan dengan gerakan seluruh bagian tubuh sehingga sudah banyak orang yang melakukan aktivitas yang semacam ini karena dapat dilakukan dari kalangan ibu-ibu dengan tujuan menjaga kesehatan.

Bagi sobat pencinta olahraga untuk lebih jelasnya marilah simak pada artikel kami di bawah ini :

Pengertian Senam Aerobik

Teknik-Senam-Aerobik

Senam Aerobik adalah senam yang dilakukan dengan menggunakan seluruh bagian tubuh, salah satunya kaki dan tangan. Di Indonesia sendiri, senam ini sudah banyak dilakukan secara rutin setiap minggunya. Biasanya dilakukan oleh ibu – ibu dengan tujuan untuk kesehatan dan sosialisasi.

Sedikit mengulas kembali tentang senam ini. Senam Aerobik adalah olahraga yang dilakukan dengan gerakan – gerakan secara teratur disertai oleh musik yang telah dirancang dan juga harus dibarengi dengan perasaan gembira agar menghasilkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Teknik Memanah

Gerakan Senam Aerobik

Sedikit penjelasan diatas tentang senam aerobik maka terdapat beberapa tahapan atau gerakan yang harus di kuasai bagi orang yang suka melakukan senam ini.

Diantara gerakan-gerakan tersebut adalah :

A. Pemanasan

Pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghindari keram otot dan cidera disaat melakukan gerakan senam aerobik karena pemanasan bertujuan akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat otot-otot menjadi rileks.

Dengan demikian pemanasan juga harus bisa menyesuaikan dengan gerakan yang akan dilakukan pada saat senam di mulai, sehingga menggerakkan lengan atau pinggang dengan intensitas nya.

B. Pendinginan

Pendinginan merupakan hal yang sangat penting karena untuk mengembalikan frekuensi tubuh setelah melakukan latihan senam aerobik, sehingga denyut jantung akan terasa lebih normal.

Dengan demikian gerakan pendingingan pada tubuh ini untuk membantu mengembalikan otot-otot yang telah melakukan aktifitas terhadap gerakan senam sehingga dapat membantu menurunkan kadar pada tubuh yang banyak mengeluarkan keringat.

Baca Juga: Tenis Lapangan

C. Latihan Inti

Latihan inti merupakan suatu hal yang dapat melakukan dengan intensitas yang lebih tinggi sehingga dalam melakukan latihan inti beberapa gerakan senam aerobik diantaranya adalah sebagai berikut :

Marching merupakan gerakan jalan di tempat dengan gerakan kaki yang lebih setinggi dari betis membentuk sekitas 90 derajat

Jogging Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut.

KickingMerupakan gerakan dengan mengayunkan tungkai kaki ke depan hingga ke samping setinggi pingggang

Single Step Merupakan suatu gerakan dengan melangkah atau menyentuhkan bola menghadap ke depan.

Bouble Step Merupakan gerakan dengan merapatkan kaki hingga menyentuhkan bola menghadap ke arah depan

Gripevire Merupakan gerakan dengan menyilangkan kaki ke belakang

Leg Curl Merupakan gerakan menekuk kaki ke arah belakang

Heel Touch Merupakan suatu gerakan dengan menekukan lutut pada kaki tumpu

D. Gerak Langkah Kaki

Gerak Langkah Kaki merupakan gerakan yang wajib bahkan termasuk pada gerakan dasar dalam senam aerobik karena dapat mengembangan gerak langkah kaki sehingga gerakan yang digunakan bisa dilakukan dengan lompatan.

Berikut beberapa gerakan kaki dalam senam aerobik adalah :

  • Marching : Adalah suatu gerakan dengan menggunakan kaki dan dengan cara jalan di tempat atau menyentuh lantai hal ini dilakukan hanya dengan low impact
  • Jogging : Adalah suatu gerakan yang di ibaratkan seperti jogging hal ini dapat dilakukan hanya dengan high impact
  • Kicking : Adalah suatu gerakan yang memiliki sedikit berbeda dengan gerakan yang lainnya sehingga senam aerobik ini dapat dilakukan dengan gerakan yang cukup sederhana dan tidak menguras tenaga.
  • Skiping : Adalah suatu gerakan yang di lakukan oleh kaki dan terdapat beberapa gabungan dari dengan meluruskan kaki dengan gerakan dari pinggang.
  • Jumping Jack : Adalah suatu gerakan seperti melompat hal ini diawali dengan membukakan kaki kemudian menutupkan nya kembali sambil melompat, sehingga lutut tetap mengarah ke depan.
  • Lunge : Adalah suatu gerakan dengan memindahkan kaki ke arah depan hingga kaki bagian bawah dapat menyentuh lantai dan pastikan gerakan ini dilakukan dengan kedua tungkai kaki.
  • Single Step : Adalah suatu gerakan dengan melangkah satu langkah kaki ke arah depan hingga gerakan terakhir menyentuhkan boladan menghadap ke depan.
  • Double Step : Adalah suatu gerakan dengan posisi lutut menghadap ke arah depan hingga lutut agak ditekuk.

Sedikit mengulas kan kembali tentang senam Aerobik yang telah kami paparkan di atas bahwa senam aerobik ini sangat lah bagus untuk di lakukan karena dapat menjaga kesehatan dan membakar lemak dan kolesterol yang jahat pada tubuh manusia.

Nah sobat olahraga demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang teknik dasar senam Aerobik beserta beberapa gerakan, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Tujuan Olahraga