Teks Berita : Ciri-Ciri, Struktur, Contoh, Syarat dan Kaidah Teks Berita

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang teks berita yang disertai dengan ciri-ciri, struktur teks , syarat, kaidah dan contoh teks berita. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

Teks berita

Pengertian Naskah Berita

Teks berita adalah teks yang berisi tentang segala hal yang terjadi di dunia ini”

Teks berita di tulis berdasarkan fakta, Bisa di tulis pada media cetak, ditayangkan televisi, di siarkan dari radio maypun di unggah di beberapa situs berita dan media sosial

Pada dasarnya, berita yang harus dipublikasikan yaitu hal berupa fakta. Akan tetapi, tak semua fakta bisa di angkat untuk di jadikan sebuah berita.

Ciri-Ciri Teks Berita

Ciri teks berita itu adalah ciri yang khusus untuk bisa membedakan mana teks berita dan jenis teks dari bahasa Indonesia yang lainnya.

Pada dasarnya, ciri- ciri teks berita yaitu ;

  1. Faktual atau bisa di percaya.
  2. Berita terkini maupun aktual.
  3. Bisa di terima oleh semua masyarakat.
  4. Berita yang jelas dan menarik.
  5. Kalimat yang di pakai sederhana agar mudah dimengerti
  6. Perlu di sampaikan dengan segera.

Struktur Teks

Struktur teks itu adalah sebuah gambaran dari cara sebuah teks di susun. Sebuah teks berita pastinya memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini juga di susun berdasarkan dari struktur teks dari peristiwa dalam berita, lalu di ikuti dengan adanya latar belakang sebuah peristiwa dan di ikuti dari sebuah sumber berita.

Untuk bisa mendapatkan penjelasan yang lebih jelas, simak dari ulasan struktur teks berikut ini:

  1. Orientasi berita, ini adalah bagian pembukaan teks yang terkait dengan hal yang nantinya akan di beritakan.
  2. Peristiwa, dimana peristiwa ini adalah sebuah tahap inti dari sebuah berita. Untuk bagian ini, sebuah berita akan di narasikan secara bagus untuk bisa menyajikan fakta yang sebenarnya
  3. Sumber berita. Sumber berita ini tak perlu di cantumkan namun letaknya juga sangat fleksibel. Dan ini artinya, sumber dari berita tidak perlu berada pada akhir berita, namun bisa di letakkan ke dalam berita itu sendiri

Syarat Teks Berita

Tteks bisa di katakan layak di sebut dengan teks berita jika bisa memenuhi beberapa persyaratan dari teks berita. Syarat dari teks berita ini pada umumnya juga bisa mengacu pada ciri teks berita. Syarat teks berita yaitu :

1 . Fakta atau faktual

Teks berita harus berisi fakta- fakta maupun sebuah peristiwa yang benar terjadi adanya. Jika ada sebuah kejadian yang sudah di sampaikan bukan hal yang nyata maka hal itu akan menjadikan berita yang dibuat tidak bisa disebut sebagai berita.

2 . Aktual

Syarat yang kedua yaitu aktual, dimana sebuah teks berita harus berupa peristiwa yang baru saja terjadi atau dikatakan masih hangat untuk di perbincangkan.

3 . Seimbang

Persyaratan yang selanjutnya yaitu seimbang, dimana seimbang ini maksudnya yaitu teks yang memang tak boleh memihak kepada siapa pun atau pihak tertentu. Jadi, sebuah berita yang di sajikan juga akan seimbang dan berimbang.

4 . Dibuat menjadi menarik

Selanjutnya yaitu menarik, teks berita memang sangat harus di sajikan dengan judul yang menarik hingga banyak orang yang jauh lebih tertarik membaca teks berita yang dipublikasikan.

5 . Lengkap

Teks yang berada dalam sebuah berita memang harus untuk menggunakan unsur 5W+1 H yaitu What,Who, Why, Where, When+ How. Dan semua ini juga wajib untuk di penuhi dari unsur juga dari struktur teks berita.

6 . Sistematis

Di dalam sebuah berita wajib untuk di sajikan secara sistematis dandengan berurutan supaya lebih jelas dan mudah untuk di pahami.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Selanjutnya pembahasan ini yaitu tentang mengenai kaidah kebahasaan teks berita, yang merujuk pada bagaimana ciri maupun kaidah dari sebuah teks akan di bangun. Kaidah dari kebahasaan ini bisa dipakai pada sebuah teks berita tertentu. Ciri- ciri dari kebahasaan teks ada beberapa jenis, yaitu :

  1. Terdapat keterangan.
  2. Terdapat verba pewarta.
  3. Terdapat verba transitif.

Contoh

Contoh Naskah Berita Pendek

Satu Hari Menjelang Pengambilan Keputusan RUU Penyelenggaraan Pemilu, Fraksi DPR Terus dan Terus Melakukan Konsolidasi. Jika Musyawarah YANG Mufakat Gagal Tercapai, Fraksi Partai Koalisi Pemerintah Yakin Bisa Memenangkan Voting.

Contoh Naskah Berita Televisi

Informasi pertama berikut ini adalah sebuah informasi yang baru saja kami dapat. Girder atau beton penyambung light rapid transit, atau disebut LRT rute Kelapa Gading-Velodrome, rubuh pada Senin, 22 februari 2018 dini hari. Akibat insiden ini lima orang pekerja mengalami luka-luka dan harus mendapat perawatan medis secara serius

Inilah kondisi proyek LRT yang ada di Jalan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, hancur akibat ambruk. Girder dan beton penyambung jembatan patah dan roboh ke tanah. Beberapa bagian girder juga retak dan terlepas dari alat pengait.

Akibatnya, proses pengerjaan proyek LRT terpaksa dihentikan untuk sementara waktu, dan beberapa pekerja yang selamat kemudian memilih menjauh dari lokasi.

Belum diketahui secara pasti penyebab rubuhnya beton penyambung proyek LRT. Girder secara tiba-tiba saja ambruk saat sejumlah pekerja ketika melanjutkan proses pembangunan. Akibatnya, 7pekerja yang ada di lokasi mengalami luka-luka dan dibawa ke Rumah Sakit Columbia Asia, Pulogadung, Jakarta Timur.

Demikianlah pembahasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :