Teks Eksplanasi – Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Dan Contoh

Posted on

Teks Eksplanasi – Teks Eksplanasi merupakan teks yang yang didalamnya berisi tentang proses “bagaiaman” dan “Mengapa” suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan sebagainya bisa terjadi. Untuk lebih lengkapnya mengenai materi Teks Eksplanasi ini kami akan membahasnya mulai dari Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Dan Contohnya. Maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi merupakan teks yang yang didalamnya berisi tentang proses “bagaiaman” dan “Mengapa” suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan sebagainya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan Penulisan Teks Eksplanasi yakni untuk menjelaskan proses terciptanya sesuatu peritiwa yang terjadi secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun fenomena sosial yang ada.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks deskripsi atau teks lainnya sangatlah mudah. Dikarenakan teks eksplanasi memiliki ciri-ciri yang sangat khusus. Ciri-cirinya seperti berikut:

  • Jika dilihat dari strukturnya, struktur teks eksplanasi terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta.
  • Fakta tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan, contohnya seperti sains.
  • Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas didalam teks tersebut
  • Memiliki ataumenggunakan sequence markers. Seperti pertama, kedua, ketiga, dan lainnya. Bisa juga menggunakan: pertama, berikutnya, dan terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi ini memiliki 3 struktur yang membangunnya agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Adapun strukturnya sebagai berikut :

  1. Pernyataan umum: yakni berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya atau roses keberadaan.
  2. Urutan Sebab Akibat: yakni berisi penjelasan detail proses terjadinya yang disajikan secara berurutan atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  3. Interpretasi: yakni berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi biasanya mengandung ciri kaidah kebahasaan seperti berikut ini :
  • Fokus pada hal – hal umum, bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi dan lainnya.
  • Memungkinkan memakai istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan verba matrial dan verba relasional.
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal. Contohnya penggunaan: sebelum, pertama, sehingga jika, bila,  dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis guna membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar-benart ada.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum :

Cyberbullying merupakan ancaman atau serangan yang dilakuakan melalui pesan elektronik meida. Bullying pada saat terjadi tidak hanya di dunia nyata melainkan sudah ada di dunia maya. Cyberbullying erupakan kejadian baru karena perekembangan teknologi komunikasi. Sekarang hal tersebut diartikan sebagai perbuatan menyakiti yang dilakukan dengan terus menerus di sengaja lewat media handphone, komputer,  dan alat elektronik lainnya dan yang dibully tidak bisa membela dirinya sendiri.

Sebab Akibat :

Cyberbullying dilakukan dengan mengirim komentar yang tidak baik dan mengandung kebencian di blog, media sosial, dan postingan yang dibuat untuk menghina atau menjelekan orang lain. Hal ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri yang berkurang berujung kecemasan, dan kekhawatiran.

Interpretasi :

Kasus ini merupakan tindak kejahatan yang harus dihindari. Hal ini merupakan ancaman psikologis terhadap individu, jadi persiapan mental dan mengatur emosi sangat diperlukan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum :

Media sosial merupakan saluran untuk bergaul yang dilakukan dengan terhubung dengan internet. Penggunaanya dapat mudah mengirim pesan, membagikan informasi atau berita dan kegiatan kepada pengguna lain.

Sebab Akibat :

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan penyebab dari hal ini. Saat ini media sosila telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi anak-anak dan para orang tua. Indonesia merupakan salah satunya pengguna internet terbanyak di dunia.

Pemakaian media sosial harus bijaksana agar tidak mencelakakan diri sendiri. Pada dasarnya media sosila adalah sarana untuk mencurahkan keluh kesah. Tetapi banyak orang yang kurang bijak yang menggunakannya untuk membully orang lain.

Interpretasi :

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang mempermudah hubungan antar manusia dan bisa berguna untuk sarana pendidikan perekonomian dan lainnya. Tetapi jika disalah gunakan dapat mengalami banyak kerugian , maka harus berhati hati dalam penggunaannya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :