Teks Iklan – Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Syarat Dan Contoh

Teks Iklan – Teks iklan merupakan media promosi yang efektif dalam memasarkan produk kepada konsumen karena memiliki daya jangkauan yang luas dan masif. Untuk lebih jelas lagi kami akan mengulas materi mulai dari Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Syarat Dan Contoh Teks Iklan. Jadi, Simaklah ulasanya di bawah ini.

Teks iklan
Teks iklan

Pengertian teks iklan

Teks iklan merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan agar mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience tersebut.

Definisi lain, Teks iklan merupakan media promosi yang efektif dalam memasarkan produk kepada konsumen karena memiliki daya jangkauan yang luas dan masif. Tujuannya yakni memperkenalkan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenal, membeli, dan mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Fungsi iklan

Terdapat beberapa fungsi dari teks iklan ini, Diantaranya :

  1. Sebagai persuasi / upaya pendekatan, mengingatkan dan mengarahkan konsumen untuk membeli)
  2. Sebagai media informasi (menyampaikan produk baru) 2.
  3. Sebagai pengingat yakni mengingatkan konsumen tentang sutau produk agar selalu menggunakan produk tersebut.

Struktur Iklan

Jika ingin membuat suatu iklan yang benar harus diperhatikan tiga struktur teks iklan seperti berikut ini:

  1. Judul, yakni bagian yang harus diletakkan dibagian paling atas agar dilihat pertama kali oleh orang, Namun tidak semua iklan mencantumkan judul.
  2. Nama Produk/Jasa, yakni bagian yang di dalamnya berisi tentang nama produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Deskripsi, yakni bagian yang memberikan pejelasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis semenarik mungkin dan cara mendapat produk tersebut, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Ciri Teks iklan yang baik

Jika membuat suatu teks iklan, Mesti terlihat baik dan benar adapun ciri – ciri iklan yang baik yakni sebagai berikut:

1. Memiliki sasaran yang tepat/jelas, Dengan menentukan target konsumen karena ada target utama dan target kedua, ini juga akan menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)

2. Fokus terhadap hal yang ingin di komunikasikan dari produk dan jasa yang di iklankan

3. Memiliki daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya tidak berhenti untuk memperhatikan isi iklan,  Selain mengunakan kata kata menarik,daya tarik iklan muncul dari desain layout yang menarik.

4. Sajikan iklan yang menarik , Karena jika suatu iklan kurang menarik itu akan mempengaruhi pembaca sehing pembaca tersebut berhenti membaca

5. Terdapat 4 unsur komunikasi iklan,yaitu :

  • Pengirim iklan ialah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili oleh biro iklan
  • Isi iklan yang terdapat dalam iklan ada headline yakni kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy yakni adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
  • Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik itu di media elektronik, media cetak atau media yang lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang, billboard dan lain sebagainya.
  • Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran produk barang atau jasa.

6. Memilih slogan dengan kata – kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline yang mana konsumen dapat membaca lebih detail.

Syarat teks iklan

Syarat-syarat Iklan yang baik adalah sebagai berikut:

Ditinjau dari isinya, iklan harus :

  • Harus objektif & jujur
  • Singkat, Padat, jelas dan mudah dipahami
  • Tidak menyinggung pihak yang lain
  •  Menarik perhatian orang banyak

Jika di tinjau dari Bahasa, iklan harus :

  • Menggunakan kata yang tepat, menarik, logis serta sopan
  • Ungkapan yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak
  • Bahasanya disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan
  • Teks iklan harus menuju pada sasaran  .

Contoh Teks Iklan

  • Contoh teks iklan tentang makanan
    Cryspy cracker, makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat renyah ketika dimasukkan kemulut, Jadi belilah cryspy cracker agar tidak penasaran dengan rasanya di supermarket terdekat.
  • Contoh iklan dialog
    Resepsionis : Ada yang bisa di bantu pak?
    Tamu : Iya mas , saya mau cek kode booking.
    Resepsionis : Baik pak, atas nama siapa?
    Tamu: Bapak Bokir.
    Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak bokir tidak ada..
    Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.
  • Contoh teks iklan tentang jasa
    Tambal ban, anda telfon kami datang. Tidak sampai 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 081239xxxx.

Demikianlah ulasan kami mengenai TEKS IKLAN, Semoga bermanfaat…

Artikel lainnya :