Teks Laporan Percobaan

Posted on

Teks Laporan Percobaan – Laporan adalah sesuatu hasil dari pengamat yang telah melakukan sesuatu yang bertujuan untuk menghasilkan informasi yang telah diperoleh dari orang banyak. Dasar dari pengertian tersebut ialah teks laporan, teks laporan adalah bentuk suatu tulisan yang menjelaskan suatu hasil dari pengamat kepada pembaca.

Teks laporan sering disebut dengan teks klarifikasi, karena teks tersebut mengklarifikasi suatu dasar kriteria. Teks tersebut juga hampir sama dengan teks deskripsi namun berbeda sifat. Teks deskripsi hanya membicaraka hal yang khusus, teks laporan hanya membicarakan suatu kejadian maupun hal yang umum dan lebih luas lagi.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan bertujuan menceritakan hasil percobaan serta proses yang telah di kerjakan oleh peneliti. Teks laporan percobaan digunakan juga untuk memberikan informasi ke pembaca, tentang hasil percobaan yang telah dibuat dan bersifat universal atau umum.

Bagi sebagian anak yang melakukan suatu praktek atau melaksanakan suatu kegiatan didalam berbagai hal, pasti mengenal istilah teks laporan percobaan. Adapun suatu proses dalam suatu penelitian atau tahap skripsi laporan, dan dapat dijelaskan juga hasil uji penelitian. Dan model tersebut bisa dilihat seperti contoh berikut ini.

Laporan adalah menyampaikan hasil yang dilakukan kelompok maupun individu. Contoh dibawah ini bisa di jadikan model dalam teks laporan dan anda pun harus bisa memahaminya.

Teks Laporan Untuk Hasil Karya dan Makanan

Saat ini disemua pendidikan banyak sekali mengadakan orientasi dalam simulasi ilmiah, berikut ini contoh yang sangat penting dan jangan sampai terlewati.

Teks Laporan Untuk Membuat Slime

Contoh teks laporan suatu uji coba dalam membuat slime tanpa mengunakan boraks agar aman dan berkwalitas. Laporan ini juga dapat dijadikan sebagai pemenuhan tugas dan juga bisa memberikan informasi perihal yang di tentukan.

Judul: Cara membuatan Slime Aman Dan Berkwalitas

Tujuan: Cara membuat slime sangat bermanfaat dalam kehidupan, dengan cara mengurangi gaya hidup komsumtif di masyarakat. Dengan cara manfaatkan barang yang sederhana dalam memenuhi kebutuhan kebutuhan lainnya.

Alat dan Bahan yang akan digunakan:

  • Deterjen cair dan bubuk secukupnya
  • Pembersih lantai
  • Lem povinal
  • Air secukupnya
  • Siapkan wadah atau baskom untuk tempat slime
  • Dan alat untuk mengaduk atau sendok

Langkah-langkah Membuat Slime:

  1. Campurkan bahan deterjen cair dan bubuk, lem povinal, pembersih lantai serta air secukupnya di dalam wadah atau baskom yang sudah disiapkan.
  2. Setelah itu aduk sampai rata bahan yang telah dicampurkan didalam wadah atau baskom tersebut.
  3. Tambahkan kembali lem povinal kedalam wadah atau baskom setelah bahan yang diaduk tersebut merata.
  4. Aduk terus sampai bahan tidak mengumpal dan aduk samapi benar benar merata.
  5. Setelah itu bahan yang telah diaduk hingga merata dimasukan kedalam frezer tunggu sampai 5menit atau lebih.
  6. Apabila sudah 5 sampai 10 menit bahan tersebut dikeluarkan dari frezer, dan lakukan pengadukkan kembali hingga bahan tersebut lunak dan bisa dimainkan.
  7. Slime siap dipergunakan.

Hasil Percobaan: Dapat digunakan oleh anak anak karena slime ini tidak mengandung boraks maupun zat lain yang membahayakan bagi kesehatan.

Kesimpulan: Selain menghemat keuangan karena memakai bahan biasa yang digunakan sehari hari dirumah. Slime juga mudah dikerjakan dan menunjang kreatifitas bahkan pembuatannya pun sangat produktif.

Teks Laporan Untuk Membuat Makanan

Berikut ini teks laporan percobaan dalam bidang kewirausahaan. Teks ini hanya saja tidak bisa hal yang berbentuk eksperimen atau kreatifitas. Percobaan dalam pembuat ice cream memakai bahan bahan yang sangat mudah di dapat dirumah sebagai berikut

judul: Pembuat Ice Cream Yang Sehat

Tujuan: Makanan yang sangat digemari anak anak yaitu ice cream. Ice cream dibuat dengan mengunakan bahan yang tidak terlalu mengandung gula maupun pewarna yang akan membahayakan anak anak yang bisa mengakibatkan batuk dan demam. Akan tetapi tetap nikmat, lezat dan paling utama sehat.

Bahan yang akan digunakan:

  • 200gr gula pasir
  • 4butir kuning telur
  • 1sendok makan vanili
  • 1liter susu segar
  • Air secukupnya
  • Tepung maizena

Langkah langkah Pembuatannya:

  1. Masukan air secukupnya dalam panci masak sampai mendidih setelah mendidih baru masukan gula pasir dan susu segar sambil diaduk hingga rata
  2. Setelah itu masukan tepung maizena beserta 1sendok susu kedalam panci yang sedang merebus gula dan susu segar lalu aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya masukan vanila ke dalam panci tersebut lalu diaduk kembali
  4. Lalu saring susu kewadah yang lainnya.
  5. Masukan kuning telur aduk hingga rata sampai sempurna.
  6. Apabila sudah rata biarkan dahulu hingga kurang lebih 10menit.
  7. Setelah kurang lebih 10menit baru masukan ke frezer sampai 15menit
  8. Setelah 15menit aduk kembali adonan ice cream sebanyak 3kali sampai benar benar lembut.
  9. Setelah lembut adonan tersebut masukan kembali ke dalam frezer kurang lebih hingga 8jam sampai benar benar membeku dengan sempurna bentuknya.

Hasil Percobaan: Rasanya lezat dan nikmat seperti umumnya, selain itu ice cream tersebut tetap sehat tidak memakai pewarna. Baiklah percobaan tugas kewirausahaan ini dapat dilakukan dengan kelompok dikelas.

Kesimpulan: Tugas kewirausahaan ini dapat memberikan suatu pengalaman begitu menyenangkan karena dapat dikerjakan sendiri dan bisa dikonsumsi sendiri. Pelajaran ini juga bisa dijadikan suatu bisnis dirumahan yang bisa mengguntungkan.

Demikianlah teks laporan percobaan dari kami semoga ini semua bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya: