Teks Ulasan : Contoh, Struktur, Tujuan, Ciri-Ciri dan Kaidah Teks Ulasan

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas secara lengkap tentang teks ulasan yang meliputi pengertian, struktur, tujuan, ciri-ciri, kaidah dan juga contoh teks ulasan pada film. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

teks ulasan
teks ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang memiliki isi ulasan, penilaian atau review pada suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku”

Teks ulasan disebut juga resensi. Saat mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan karya itu sendiri.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks ulasan ataupun resensi mempunyai ciri-ciri yaitu :

  1. Strukturnya terdiri dariorientasi, evaluasi, tafsiran dan rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan ataupun opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan
  4. mempunyai nama lain yaitu resensi.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan mempunyai beberapa tujuan, yaitu:

  1. Menunjukkan pandangan ataupun penilaian penulis resensi pada suatu karya
  2. Memberi informsi pada publik tentang kelayakan yang di miliki suatu karya
  3. Membantu para pembaca untuk mengetahui isi suatu karya
  4. Memberi informasi pada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan sebuah karya yang diulas atau diresensi
  5. Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenisnya
  6. Memberi informasi komprehensif tentang karya.
  7. Memberi tahu dan mengajak para pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang ada dalam suatu karya.
  8. Memberikan pertimbangan pada para pembaca apakah suatu karya itu pantas untuk dinikmati atau tidak.
  9. Memudahkan para pembaca memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang sejenis.
  10. Memberi pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati karya tersebut.

Struktur teks ulasan

Struktur teks ulasan adalah susunan yang membangun teks ulasan sampai menjadi teks yang utuh. Struktur teks ulasan terdiri atas beberapa hal yaitu :

Orientasi

Orientasi adaalah bagian pertama yang menjelaskan tentang gambaran sebuah karya film, drama maupun buku yang diulas. Bagian orientasi memberi penjelasan kepada para pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Tafsiran

Tafsiran adalah bagian yang memiliki isi penjelasan detail tentang sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian pada suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dsb.

Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang memiliki isi sebuah pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang akan diulas. Evaluasi dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran cukup pada hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi ini pengulas menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu Ataupun bagian yang kurang memiliki nilai atau kekurangan dari karya tersebut.

Rangkuman

Rangkuman adalah bagian yang memiliki isi kesimpulan dari ulasan pada suatu karya. Bagian ini memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton atau dibaca.
Kaidah Kebahasaan dari Teks Ulasan

Kaidah kebahasaan

dalam teks ulasan terdiri dari beberapa hal kaidah kebahasan yaitu :

  1. Teks ulasan drama ataupun film memiliki isi penonjolan pada unsur-unsur karya seni yang diulas.
  2. memakai kalimat opini atau persuasif
  3. memakai konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  4. memakai ungkapan perbandingan, persamaan atau perbedaan
  5. memakai kata kerja material dan kata kerja relasional

Contoh Teks Ulasan Film

Struktur Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

contoh teks ulasan
contoh teks ulasan

Orientasi:

Keterbatasan yang ada tak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi membuat mereka terpacu untuk bisa melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai saat SD Muhammadiyyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tak melebihi 10 anak. Ketika penutupan sebuah sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya akhirnya datang dan mendaftarkan diri ke sekolah itu.

Tafsiran:

Dari situ awal cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka pada pelangi sempat mengharumkan nama sekolah itu dengan berbagai cara.

Novel ini bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini yaitu: berisi motivasi dan amanah-amanah yang bisa diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi sudah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya.

Evaluasi:

Anggota Laskar Pelangi memiliki karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal yaitu tokoh “ aku “ dalam cerita laskar pelangi. Lintang, teman sebangku Ikal, merupakan anak yang luar biasa jenius.

Sahara merupakan satu-satunya gadis pada anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat dan sangat patuh kepada agama.

Mahar, pria tampan dan bertubuh kurus ini, mempunyai bakat dan minat besar pada seni. A Kiong merupakan keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.

Syahdan yaitu anak nelayan dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai merupakan ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek yaitu pia besar maniak otot. Harun yaitu pria yang mempunyai keterbelakangan mental.

Tokoh lain pada novel ini yaitu Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, sebagai kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, yaitu seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling merupakan cinta pertama Ikal dan juga merupakan sepupu A Kiong.

Rangkuman:

Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tak hanya populer di Indonesia, tetapi juga luar Indonesia, sampai ke Amerika Serikat dan mendapat penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.

Artikel Lainya :