Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli – [Lengkap]

Posted on

Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli – Evolusi adalah cabang ilmu biologi yang secara garis besar mempelajari hal berkenaan dengan perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam rentan waktu yang panjang. Untuk lebih jelanya lagi kami akan membahas materi makalah mengenai Teori Evolusi ini mulai dari Pengertian Evolusi, Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli, dan Macam-Macam Evolusi. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Teori Evolusi

Pengertian Evolusi

Evolusi merupakan perubahan sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari 1 generasi menuju generasi yang selanjutnya. Perubahan ini terjadi karena kombinasi 3 proses utama yakni : variasi, seleksi dan reproduksi, adapun sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan turun menurun ke suatu makhluk hidup dan menjadi baragam dalam suatu populasi.

Teori Evolusi dan Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli

Pengertian dan teori evolusi yang dimaksud disini yakni ialah evolusi dalam kajian biologi untuk kamu yang lagi materi pelajaran tentang evolusi, kami mempunyai informasi tentang salah satu ilmu biologi ini. Sebagaimana yang telah kita maklumi bersama, bahwasannya ada beberapa teori evolusi menurut para ahli seperti teori evolusi menurut ahli berikut ini, diantaranya ;
  • Jean Baptise Lamarck (1744-1829)

Evolusi merupakan suatu bentuk perubahan yang terjadi dalam suatu individu yang disebabkan adanya faktor lingkungan yang bisa diturun menurunkan. Adapun teori Baptise Lamarck ini banyak dikenal dengan “Teori Lamarckisme”.

Contohnya yakni seperti berikut ini, Jean Baptise Lamarck, berpendapat bahwa jerapah tersebut dulunya memiliki leher yang pendek, karena dari menggapai makanan yang berada diatas pohon yang cukup tinggi itulah yang menjadi penyebab leher jerapah tersebut tertarik selama bertahun-tahun dan membuat leher binatang jerapah tersebut menjadi panjang seperti yang sering lihat saat ini.

  • Aristoteles (384-322 SM)

Menurutnya evolusi tersebut bisa terjadi karena didasarkan pada suatu metafisika alam. Adapun arti detafisika alam yakni ialah mengubah organisme serta habitatnya (Tempat Tinggal) dari bentuk yang sederhana ke dalam bentuk yang kompleks.

Dan evolusi terjadi karena adanya peristiwa seleksi alam. Makhluk hidup yang bisa beradaptasi dengan lingkungan akan bertahan hidup —> struggle for life (Perjuangan Untuk Hidup)

  • Erasmus Darwin (1731-1802)

Seperti yang tercantum dalam bukunya yang berjudul “Zoonomia or The Laws of Organic Life”, Evolusi ini terjadi pada makhluk hidup, makhluk hidup disini ialah manusia dan juga percaya erasmus darwin bahwa karekteristik yang diperolah orang tua akan terjadi secara turun-menurun.

  • Weismann

Perubahan sel somatik diakibatkan karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan, (evolusi yakni ialah proses seleksi alam terhadap faktor genetika).

Beberapa petunjuk yang bisa kita digunakan untuk mengetahui adanya proses evolusi antara lain: adanya  fosil, homologi, variasi, dan, fisiologi, analogi, embriologi dan anatomi perbandingan, dan petunjuk biokimia.

  • William Paley (1743-1805)

Seperti yang tercantun dalam bukunya yang berjudul “Natural Thurology” bahwa ia berpendapat kekomplex makhluk hidup merupakan suatu bukti kerja sama sang pencipta.

  • Charles Darwin (1809-1882)

Charles darwin berpendapat bahwa evolusi tersebut bisa terjadi akibat adanya seleksi alam. Seleksi alam menurutnya, ialah didasarkan kepada hasil dari observasi yang dibuatnya yaitu seperti berikut :

Lebih utama atau lebih untuk keturunan yang dihasilkan bila dibanding harus dapat benar-benar mampu bertahan hidup. Pada suatu spesies itu tidak ada individu yang sama dikarenakan selalu terjadi suatu variasi dan juga beberapa individu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan kondisi lingkungan yang terdapat dibandingkan dengan individu yang lainnya.

Setiap populasi pada biasanya akan terus bertambah ini dikarenakan reproduksi pertambahan populasi dibatasioleh faktor-faktor pembatas yang membuat kenaikan populasi tidak berjalan lancar  dengan adanya seleksi alam yang bisa membuat setiap individu tersebut harus beradaptasi terhadap lingkungannya, dan yang dapat bertahan hidup tersebut akan bisa mewariskan sifat-sifat keturunannya.

Macam-macam Evolusi

Evolusi dibedakan menjadi 2 macam yakni Evolusi progresif dan yang kedua Evolusi regresif, berikut ini penjelasan kedua macam Evolusi tersebut :

  1. Evolusi progresif yakni merupakan suatu evolusi yang memungkinkan untuk bisa bertahan hidup.
  2. Evolusi regresif yakni merupakan evolusi yang memungkinkan untuk bisa terjadinya kepunahan.

Demikianlah ulasan kami mengenai teori Evoludan pandangan Evolusi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

 

5.0
01