Tes Kebugaran Jasmani

Posted on
Tes-Kebugaran-Jasmani

Matari makalah Tes Kebugaran Jasmani- Yang meliputi dari pengertian, jenis-jenis, manfaat, hakekat kebugaran, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Kebugaran jasmani pada hakekatnya manusia tentunya sangat perlu untuk memperhatikan kesehatan pada tubuh karena kesehatan adalah modal yang utama untuk melakukan aktifitas yang lainnya. Banyak sekali aktivitas dalam ke sehari-harinya hal ini dikarenakan jasmani yang bugar akan menjadikan hidup akan menjadi lebih bersemangat.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Kebugaran Jasmani

Gambar-Kebugaran-Jasmani

Kebugaran Jasmani Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh medis terhadap seseorang dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmani seseorang, sehingga dapat mengetahui tingkat kebugaran jasmani nya juga.

Kebugaran jasmani juga untuk menentukan seseorang dalam hal kebugaran karena melakukan kegiatan ini tentunya dengan berolahraga hal ini sering di lakukan para atlet maupun calon atlet yang bertujuan untuk menjamin kesehatan dalam melakukan kompetisi olahraga besar.

Tes kebugaran jasmani banyak sekali melibatkan anggota tanganan medis karena pemeriksaan riwayat kesehatan serta pemeriksaan fisik dengan demikian untuk mengetahui atlet dalam keadaan sehat dan normal.

Baca Juga: Cabang Olahraga Atletik

Jenis-Jenis Tes Kebugaran Jasmani

Pemeriksaan yang di lakukan dengan tindakan medis terhadap kesehatan anggota atlit maka di si terdapat beberapa jenis dalam tes kebugaran jasmani.

Diantara jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut :

A. Tes Harvard Step Test

Harvard step test

Tes Harvard Step Test merupakan suatu pengukuran terhadap daya tahan jantung serta paru-paru yang dilakukan menggunakan Hardvard Step Test sehingga dapat pelajar dengan melakukan gerakan naik turun kursi.

Tindakan ini di lakukan di atas kursi 40 cm dengan waktu 4 menit dan di lakukan dengan gerakan naik turun kursi sebanyak 30 kali naik turun hal ini berguna untuk menentukan denyut nadi dihitung dan detak jantung kurang lebih dalam melakukannya sekitar dalam waktu 30 detik.

B. Tes Denyut Nadi 

Gambar-Tes-Denyut-Nadi

Tes Denyut Nadi adalah sebuah tindakan frekuensi irama dalam denyut/detak jantung sehingga dapat dipalapasi dengan di permukaan kulit atau pada tempat-tempat tertentu, denyut nadi pada yang pada umumnya sama dengan frekuensi detak jantungnya pada manusia.

Denyut nadi yang maksimal dihitung berdasarkan DNM = 210 – UMUR Upaya untuk meningkatkan daya DN intesitas dalam latihan harus dilakukan secara bertahap kurang lebih dalam minggu harus di lakukan sekitar 75% dan seterusnya.

Frekuensi denyut nadi akan meningkat apa bila cara kerja jantung akan meningkat terhadap daya tahan tubuh maka hal ini dengan sendirinya akan semakin cepat dan dapat stabil dalam latihan.

C. Tes Daya Tahan

Tes-Daya-Tahan

Tes Daya Tahan merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan untuk mengetahui seseorang dalam melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga dan cara kerja organ tubuh manusia terhadap jantung dan paru-paru apakah dapat berfungsi dengan baik.

D. Tes Kecepatan

Tes-Kecepatan

Tes Kecepatan merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan tubuh seseorang dan dapat melakukan gerakan yang sesuai dengan waktu yang sesingkat utnuk mungkin dalam gerakan berolahraga

E. Tes Duduk Baring (sit up)

Tes-Duduk-Baring-sit-up

Tes Duduk Baring (sit up) merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk mengukur kekuatan serta ketahanan otot perut dalam berolah raga sehingga dengan mudah seseorang dapat melakukan olahraga yang maksimal. Hasil ini dapat di lakukan dengan jumlah kurang lebih selama 60 detik atau dengan hitungan gerakan sekitar 50 sampai dengan 100 gerakan fisik.

F. Lari Jarak Sedang 

Lari-Jarak-Sedang

Lari Jarak Sedang mrupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk mengatur daya tahan jantung serta pada peredaran darah melalui dari saluran pernapasan.

Baca Juga: Slow Jogging

Fungsi / Manfaat Tes Kebugaran Jasmani

Didalam suatu kegiatan dengan berolahraga tentunya memiliki beberapa manfaat serta fungsi yang terkandung di dalamnya.

Diantara fungsi dan manfaat dalam tes kebugaran jasmani adalah sebagai berikut:

Fungsi tes kebugaran jasmani :

  • Dapat menghasilkan ssebagai acuan untuk seseorang dalam meningkatkan kebugaran jasmani nya
  • Berguna untuk kemampuan dan terhadap fisik seseorang
  • Untuk dapat mengukur kemampuan dalam jasmani nya seseorang
  • Untuk dapat mengetahui kondisi serta perkembangan dalam kebugaran jasmani
  • Dapat memberikan bimbingan dalam meningkatkan kebugaran jasmani

Manfaat Tes kebugaran jasmaa :

  • Peningkatan kemampuan dari sistem sirkulasi serta cara kerja jantung dan dapat mencegah penyakit jantung
  • Dapat meningkatan kekuatan dan stamina dalam berolahraga dan kondisi fisik
  • Dapat meningkatkan gerakan yang lebih baik saat waktu latihan
  • Dapat memulikan organ-organ tubuh setelah latihan
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Dapat mencegah penyakit diabetes
  • Dapat meningkatkan kualitas hormon padan tubuh
  • Dapat memberi banyak energi yang kuat

Hakikat Tes Kebugaran Jasmani

Dalam suatu kegiatan berolahraga yang dimaksud dengan Kebugaran jasmani hal ini dapat diperoleh bila seseorang melakukan latihan jasmani secara teratur sesuai dengan kaidah yan berlaku.

Adapun dampak yang di dapat dalam latihan jasmani ini adalah terhadap tubuh di antaranya:

  • Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru
  • Memperkuat sendi dan otot
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi lemak
  • Memperbaiki bentuk tubuh
  • Memperlancar aliran darah

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Tes kebugaran jasmani, semoga dari informasi ini dapat berguna dan mermanfaat untuk kita semua terutama untuk penulis sendiri. Terima Kasih

Baca Juga : Kebugaran Jasmani