Tipografi Adalah

Posted on
Tipografi-Adalah

Artikel makalah Tipografi Adalah – meliputi dari pengertian, fungsi, elemen, sejarah, unsur, klasifikasi, prinsif, jenis, makna, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu tipografi, Tipografi adalah huruf suatu tehnik yang dapat manipulasi huruf dengan dapat mengatur penyebarannya pada suatu bidang yang memiliki ketersediaan untuk membuat kesan dengan kenyamanan yang maksimal yang baik secara visual pada pembaca.

Langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Tipografi

Tipografi merupakan salahsatu bentuk rancangan seni yang menyusun dan mengatur tata letak huruf yang akan di jadikan paragraf serta jenis dengan pengaturan pada ruang yang telah tersedia.

Tipografi dapat juga diartikan sebagai pemilihan atau penataan dengan suatu hal yang berhubungan dengan pengaturan baris dan bait serta sebagai susunan huruf yang terdapat di dalamnya sebagai unsur-unsur huruf pada halaman cetak.

Terkadang tipografi setiap hari akan terletak pada pada koran atau majalah yang sering kita baca dengan label pakaian yang biasa sehingga dapat di kenakan sebagai contoh pada bacaan do koran.

Baca Juga: Pembukaan Pidato

Sejarah Tipografi

Penemuan dan termasuk dalam sejarah perkembangan tipografi dapat dimulai dari penggunaan bahasa Viking Norwegia dan Indian Sioux karena memiliki jenis dan huruf yang Hieratia.

Dengan demikian tipografi terkadang suatu akar yang memiliki bentuk dari Demotia yang ditulis dengan menggunakan pena yang khusus maka bentuk tipografi tidak dapat di susun dengan sebagaimana mestinya.

Melalui puncak perkembangan pada tipografi akan terjadi kurang lebih pada abad 9 SM yang terletak pada negara “Roma” saat orang Romawi mulai membentuk daerah dan kekuasaannya.

Fungsi Tipografi

Dengan perkembangan zaman penggunaan tipografi dapat penggunanya dengan mengoptimalkan fungsi tipografi dengan keadaan yang akan lebih membaik.

Berikut beberapa fungsi tipografi adalah sebagai berikut:

A. Memudakan Membaca

Memudahan membaca merupakan salah satu fungsi yang utama dalam tipografi sehingga sangat ditentukan dalam pemilihan dengan jenis dan ukurannya dengan tujuan untuk memudahkan dalam membaca.

B. Menarik Perhatian

Menarik Perhatian merupakan salah satu fungsi tipografi yang menarik perhatian pembaca dalam komponen huruf dengan susunan yang tertata dengan sempurna sehingga pembaca dapat penikmatnya.

C. Menciptakan Keindahan

Menciptakan keindahan merupakan salah satu fungsi tipografi untuk menimbulkan kesan dengan keindahan huruf yang dirangkai dengan mudah dan baik dalam membacannya.

D. Mendulang Rupiah

Mendulangi rupiah merupakan salah satu fungsi dengan penggunaan tipografi pada dunia bisnis dan dapat memanfaatkan dengan berdasarkan seni grafis yang tinggi dalam perbisnisan.

Baca Juga: Tajuk Rencana

Klasifikasi Tipografi berdasarkan bentuk hurufnya

Dari beberapa penjelasan di atas maka dapat juga di klarifikasikan dengan kosakata yang berbeda dengan memiliki bentuk hurufnya diantaranya adalah.

Roman adalah sebuah ciri dari huruf yang memiliki sirip/kaki/serif den gan bentuk lancip di ujungnya sehingga ketebalan dan ketipisan kontras pada garis-garis yang terdapat dalam hurufnya.

Egyptian Adalah sebuah jenis huruf yang memiliki ciri khas dengan bentuk persegi seperti papan yang memiliki ketebalan yang sama sehingga dapat berkesan dengan stabil.

Sans Serif adalah sebuah jenis yang tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya karena memiliki ketebalan huruf dan tidak berkesan dalam penulisan kalimatnya dan efisien.

Script adalah sebuah huruf yang menyerupai sebuah goresan tangan yang dikerjakan dengan pena karena pensil yang tajam akan membentuk miring ke kanan dan dapat menimbukan sifat pribadi yang akrab.

Miscellaneous adalah sebuah jenis huruf yang merupakan dalam pengembangan dari beberapa bentuk yang sudah ada sehingga dapat ditambah dengan hiasan dan ornamen pada ornamental.

Elemen Tipografi

Elemen dalam tipografi terdapat dua bagian elemen yang perlu di perhatikan dalam sebuah kalimat atau kosakatanya diantaranya adalah:

1. Huruf Teks

Huruf Teks adalah sebuah huruf yang tersaji dengan baik di dalam naskahsehingga dapat dipilihlah dari sebuah huruf teks yang memiliki unsur lebih mudah membacanya maka menggunakan huruf teks ini dapat juga memiliki banyak lengkungan.

2. Huruf Judul

Huruf judul merupakan bentik dalam penggunaan huruf yang memiliki judul lebih fleksible sehingga unsur tersebut dapat terkemas dengan baik dan nyaman dalam membacannya atau penerapan.

Unsur Unsur Tipografi

Seteleh di kaji lebih dalam lagi maka terdapat beberapa unsur yang terdapat dalam kosakata kalimat tipografi adalah.

  • Ornamen dan Bidang Cetak – adalah tipografi yang bersifat modern dan jarang digunakan sehingga ornamen hanya digunakan sebagai bahan cetakan pada undangan atau piagam dan juga mengandung suatu unsur negatif.
  • Kolom dan Garis – adalah sebuah kolom dalam praktek yang kebanyakan dalam majalah atau brosur sekitar sehingga memiliki garis atau kolom mencapai 5-7 kata pada surat kabar yang lebih sedikit.
  • Baris – adalah suatu kata yang telah diatur satu persatu dibelakang yang lain dengan jarak antara kata tersebut sehingga baris harus memiliki optis atau uraian kalimat dalam suatu paragraf.
  • Kata – adalah suatu kombinasi dengan memiliki susunan dari huruf-huruf tunggal yang ditempatkan secara bersama untuk mengisi kata yang akan diucapkan dengan jarak antara huruf atau kalimatnya.
  • Kemiringan Huruf – adalah suatu huruf yang tercetak denganmiring dengan kata lain disebut italic maka dapat juga dimaksud memberikan teks yang tidak terlalu panjang.

Nah demikianlah yang dapat kami ampaikan dalam artikel kali ini tentang Tipografi dan beberapa contoh serta manfaat yang tercantun di dalam nya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Contoh Naskah Berita