Pengertian, Tujuan dan Manfaat Otonomi Daerah [ Lengkap ]

Posted on

Tujuan dan Manfaat Otonomi Daerah – Dengan adanya Otonomi daerah menjadikan lembaga daerah bisa melakukan pelayanan publik tanpa perlu menunggu perintah dari pemerintah pusat hal ini tentunya dapat memudahkan masyarakat. Untuk lebih jelas mengenai Tujuan dan Manfaat Otonomi daerah ini kami akan mengulas materi Otonomi daerah ini mulai dari Pengertian, Tujuan Otonomi Daerah, dan Manfaat Otonomi Daerah secara lengkap, Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Otonomi Daerah

Pengertian Otonomi Daerah

Otonomi daerah merupakan wewenang, hak, serta kewajiban daerah otonom dalam mengatur dan mengurus sendiri pada urusan pemerintahan & kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan yang telah dicantumkan dalam undang-undang.

Tujuan Otonomi Daerah

Berikut adalah beberapa tujuan otonomi daerah & implementasinya yang pada saat ini ada di Indonesia beserta penjelasannya, yakni :

  • Meningkatkan pelayanan masyarakat

Dengan adanya Otonomi daerah menjadikan lembaga daerah bisa melakukan pelayanan publik tanpa perlu menunggu perintah dari pemerintah pusat hal ini tentunya dapat memudahkan masyarakat.

  • Meningkatkan keadilan nasional

Adapun tujuan adanya pelaksanaan otonomi daerah juga sangat penting untuk keadilan nasional. Hal ini dilaksanakan melalui kebijakan dari pemda kepada masyakarat agar terwujud keadilan & stabilitas nasional.

  • Memeratakan wilayah daerah

Adanya otonomi daerah ini bertujuan untuk pemerataan wilayah daerah. Hal ini dinyatakan melalui pemerintah daerah yang melakukan pembangunan guna memajukan daerahnya yang mana sesuai dengan kebutuhan daeranya itu sendiri.

  • Mengembangkan kehidupan berdemokrasi

Dengan adanya otonomi daerah membuat struktur pemerintah daerah harus jelas sehingga perlu melakukan pemilihan kepala daerah & anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui proses demokrasi yang telah diatur.

  • Memelihara hubungan yang serasi antara pusat dan daerah

Dengan adanya otonomi daerah diharapkan agar bisa mempererat kerjasama antar pemerintah pusat dengan pemerintah daerah juga diharapkan koordinasi & sinergi antara pusat dan daerah menjadi semakin baik demi terwujudnya keutuhan NKRI.

  • Mendorong pemberdayaan masyarakat

Otonomi daerah juga ikut serta dalam mendorong pemberdayaan masyarakat. Hal ini dinyatakan dengan peran aktif dari masyarakat melalui organisasi daerah di bidang ekonomi, sosial, politik, serta kesehatan, Seperti Karang Taruna, Kelompok Tani dan Ibu PKK, Tentunya tujuan ini ialah untuk memberdayakan masyarakat.

  • Menumbuhkan prakarsa & kreativitas masyarakat

Adanya otonomi daerah juga memiliki peran dalam menumbuhkan kreativitas masyarakat. Dan prakarsa masyarakat akan semakin berkembang seiring dengan aturan otonomi.

  • Menumbuhkan ekonomi daerah

Fungsi otonomi daerah tentunya berdampak pada kondisi ekonomi daerah-daerahtertentu. Apabila masyarakat berperan aktif akan membuat roda ekonomi daerah menjadi lebih meningkat. Akibatnya perkembangan ekonomi daerah dapat berkembang pula sesuai dengan apa yang telah menjadi tujuan ekonomi daerah indonesia.

  • Meningkatkan peran serta masyarakat

Adapun hal yang pasti terhadap adanya otonomi daerah yakni adanya peran serta dari masyarakat daerah. Peran masyarakat ini dapat diwujudkan dalam berbagai hal salahs atunya yaitu pemberdayaan masyarakat lewat organisasi-organisasi atau kreativitas masyarakat dalam bidang ekonomi.

  • Mengembangkan peran dan fungsi DPRD

Peran maupun fungsi DPRD menjadi lebih penting dengan adanya otonomi daerah. Kartena kebijakan dari DPRD akan berpengaruh langsung untuk warga karena itulah peran DPRD menjadi sangat penting, termasuk juga sebagai penampung aspirasi bagi masyarakat.

Manfaat Otonomi Daerah

Terdapat beberapa manfaat dari diterapkannya sistem otonomi daerah yakni :

  • Supaya tidak terjadi pemusatan kekuasaan di pusat sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik.
  • Pemerintahan tidak hanya dijalankan oleh pemerintah pusat, Karena pemerintah daerah juga terlibat didalamnya.
  • Memudahkan pengaturan administrasi pemerintahan.
  • Lembaga masyarakat mengalami peningkatan.
  • Kesejahteraan masyarakat di daerah lebihberkembang
  • Meningkatkan pengawasan kegiatan yang dilaksanakan.
  • Meningkatkan pasokan barang dan jasa di daerah dengan biasa yang telah disesuaikan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Tujuan dan Manfaat Otonomi Daerah, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :