Tujuan Olahraga

Posted on
Tujuan-Olahraga

Artikel makalah Tujuan Olahraga- dari berbagai pengertian, manfaat, jenis, sejarah, akibat, contoh dan gambar supaya lebih mudah di pahami.

Sobat olahraga kita sebagai manusia pastilah membutuhkan dengan kegiatan berolagraga karena olagraga merupakan kebutuhan untuk semua orang yang akan melaksanakan nya hal yang demikian begitu penting dalam kehidupan sehari-hari karena untuk menjaga kesehatan,

Dibawah ini kan kami jelaskan mengenai tujuan olagraga :

Pengertian Olahraga

tujuan-olahraga

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang di lakukan dalam kehidupan sehari-hari karena sebagai salah satu kegiatan fisik untuk seseorang yang sangat bermanfaat dan menambah kualitas kesehatan seseorang terhadap tubuh manusia.

Olahraga juga merupakan pendidikan jasmani yang memiliki manfaatkan untuk mendorong dalam mengembangkan keterampilan motorik sehingga kemampuan fisik mampu memberikan pola hidup yang sehat dan terhindar dengan serangan penyakit.

Baca Juga: Tenis Lapangan

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Seseorang yang pakar di bidang olah raga bernama Cholik Mutoir telah memberikan keterangan bahwa olahraga merupakan proses dalam pembentukan tubuh yang sehat serta sebagai proses sistematik sehingga kegiatan ini dapat membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah.

Olahraga juga mrupakan suatu idiologi yang sangat utuh bahkan berkualitas dalam mengembangkan sebuah prestasi terhadap manusia yang berupa permainan atau berupa pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan pancasila.

Baca Juga: Teknik Memanah

Manfaat Olahraga

Olahraga terdiri dari aktivitas fisik untuk memaksimalkan fungsi tubuh manusia maka terdapat beberapa manfaat dalam aktifitas olahraga untuk menunjang kesehatan.

Diantara manfaat olahraga tersebut adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Nafsu Makan – Gerakan dengan berolahraga dapat merangsang organ pencernaan serta dapat juga aktif bergerak sehingga pencernaan akan bekerja akan lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi serta dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah gizi.

Membuat Tubuh Lebih Tegap – Gerakan dengan berolahraga dapat merangsang semua bagian tubuh dan akan membetuk menjadi lebih fleksibel sehingga otot-otot pada tubuh akan terlihat tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

Menjauhkan Dari Beragam Penyakit – Gerakan dengan berolahraga juga dapat merangsang semua otot-otot pada tubuh dan tidak mudah terserang penyakit sehingga tubuh akan lebih bebas bergerak karena lancar dalam melakukan aktifitas yang membebankan.

Merangsang Pertumbuhan Ideal – Gerakan dengan berolahraga dapat merangsang semua bagian tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga otot-otot akan lebih sempurna serta membetuk pertumbuhan tubuh akan menjadi lebih ideal.

Meningkatkan Daya Pikir – Selain bermanfaat bagi fisik gerakan dengan berolahraga dapat membetuk otot-otot pada tubuh serta memiliki peran dan meningkatkan daya pikir lebih pintar saat proses belajar.

Tujuan Olahraga

Setiap orang yang aktif melakukan olahraga pastinya memiliki tujuan-tujuan penting yang dapat menurunkan berat badan dan ingin membentuk otot-ototnya tubuhnya serta menjaga kesehatan.

Dengan demikian tujuan dalam melakukan olahraga dapat dibedakan menjadi beberapa tujuan adalah :

  • Olahraga Pendidikan : hal ini digunakan dalam kurikulum pendidikan
  • Olahraga Rekreasi : hal ini digunakan untuk bersenang-senang dan bergembira
  • Olahraga Prestasi : hal ini digunakan dalam kejuaraan dan dalam perlombaan
  • Olahraga Rehabilitas : hal ini digunakan untuk memperbaiki keadaan tubuh seseorang

Macam-Macam Olahraga

Aktivitas olahraga menjadi suatu hal yang wajib dilakukan karena dapat menyehatkan tubuh serta dapat membentuk tubuh menjadi tagap. maka terdapat beberapa macam jenis olah raga diantaranya :

Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan permainan olahraga yang menggunakan raket atau dengan bola Kasti sehingga dapat melewati net dan memantul sampai ke titik lapangan lawan.

Slow Jogging

Jogging adalah salah satu aktivitas cabang olahraga fisik tetapi yang bersifat ringan dan sangat mudah untuk di lakukan, karena mudah dan murah dalam kegiatan yang semacam ini cukup dengan modal dengan sepatu dan peralatan yang ringan.

Olahraga Air

Olahraga Air merupakan salah satu bentuk olahraga yang dilakukan pada air baik secara beregu maupun individu sehingga olah raga ini dapat dilakukan di kolam renang ataupun pada sungai dan laut.

Jalan Cepat

Jalan Cepat Pengertian singkat tentang jalan cepat adalah yang sering disebut dengan istilah Race Walking hal ini merupakan sebuah gerakan secara maju dimana kaki akan melangkah dengan tidak terputus di permukaan tanah sehingga seseorang dapat melakukannya dengan cepat.

Sejarah olahraga

Monumen untuk olahraga tergolong berkembang dengan baik dan secara rutin pada Mesir kuno sehingga terdapat struktur yang mengindikasikan bahwa olahraga melakukan aktifitas fisik yang bersifat audidak atau mengelurkan tenaga yang kuan semenjak tahun 1976 olahraga telah tersebar luas dari berbagai negara bahkan sampai ke penjuru dunia hingg sampailah saat sekarang ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai beberafa informasi tentang tujuan olahraga, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan memberikan manfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Teknik Dasar Tinju