Tulisan Bismillah

Posted on

Tulisan Bismillah – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Agama Islam yang bertemakan Tulisan Bismillah untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir

Bismillahirrahmanirrahim tulisan arabnya [بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم] ialah sebuah kalimat yang sering sekali dipakai sebagai pembuka dari segala sesuatu kegiatan umat muslim.

tulisan bismillah kaligrafi

Kata Basmallah yaitu Bismillah ini selalu digunakan oleh kaum muslim pada setiap amal perbuatan yang nilainya ibadah seperti disaat hendak memulai sebuah shalat, ataupun di saat memulai sebuah acara, di awal sambutan [muqaddimah] serta berbagai macam forum diskusi dari kaum muslim yang lain.

Basmallah ialah kalimat yang diamalkan sebagai sebuah dzikir yang mempunyai khazanah serta manfaat yang sangat luar biasa didalam kehidupan kita sehari-hari kita sebagai seorang umat muslim.

Arti Bismillah

tulisan bismillah variasi

Tulisan arab dari bismillah lafadz lengkapnya yakni بسم الله الرحمن الرحيم latinnya yaitu “bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi” yang berarti “Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang”.

Kata “Bismillah” ialah “doa” didalam setiap mengawali sebuah perbuatan secara baik. Seperti yang telah dijelaskan di atas.

Arti Frasa Per-kata

  • بسم الله dibaca Bismillah yang artinya dengan menyebut nama Allah
  • الرحمن dibaca arrohmani yang artinya yang maha Pengasih
  • الرحيم dibaca arrohimi yang artinya yang maha Penyayang.

Bismillah Menurut Para Ahli

Para ahli tafsir sudah menjelaskan, setidaknya terdapat empat makna yang sudah terkandung didalam kata basmalah.

  • Pertama, kata bi apabila dikaitkan dengan ”kekuasaan serta pertolongan”, maka yang mengucapkan pun harus menyadari bahwa pekerjaan yang sudah dilakukannya terlaksana diatas kekuasaan Allah. Dia memohon sebuah pertolongan-Nya supaya pekerjaan dapat terselesaikan secara baik.
  • Kedua, rahasia yang penting mengapa basmalah yang didahulukan pada setiap Hal itu sangat erat kaitannya secara prinsip tauhid ”laa-ilaha- illa-Allah”. Yakni, dengan menjadikan Allah itu sebagai sebab utama didalam semua tindak perbuatan.
  • Ketiga, Allah ialah Zat yang wajib ada, satu-satunya yang mempunyai hak segenap dari pujian, serta nama teragung yang sudah pernah ada. Dimana seseorang Muslim menyebutkan nama Allah didalam basmalah, yang berarti dia sudah mendeklarasikan nama yang termulia di alam
  • Keempat, ada dua sifat kesempurnaan yang sudah ditekankan didalam kata basmalah, ar-Rahman serta ar-Rahim. Ar-Rahman yakni curahan rahmat-Nya dengan aktual yang diberikan pada dunia ini pada semua makhluk-Nya. Serta, ar-Rahim yakni curahan rahmat-Nya di akhirat kelak pada orang-orang yang beriman.

Keistimewaan Membaca Basmalah

tulisan bismillah yang bisa di copy

Berikut ini merupakan beberapa keistimewaan membaca basmalah, dan ini lah beberaoa keistimewaannya.

Menjadi Pembuka Pintu Rezeki

Ucapan bismillah dapat menjadi pembuka pintu rezeki dan juga mengantarkan kita menjadi seorang hamba yang diberikan sebuah kemuliaan, baik didunia ataupun diakhirat kelak.

Menghindari Gangguan dari Syaitan

Bacaan bismillah sangat berkhasiat agar menghindarkan kita dari sebuah gangguan syaitan, terutama pada tempat tinggal kita. Agar rumah serta diri kita aman dari pada gangguan jin dan syaitan.

Menyembuhkan Segala Macam Jenis Penyakit

Bacalah Bismillah yang berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain dari memeriksakan diri kepada dokter, disaat sakit kita juga perlu agar berikhtiar serta berdoa.

Untuk Mencerdaskan Akal

Membaca Bismillah dapat berkhasiat agar membuat akal menjadi cerdas serta tajam, mempermudah untuk menghafal bacaan, materi pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru ataupun dosen.

Keutamaan Membaca Bismillah

tulisan bismillah putus putus

Terkait dari tulisan arab Bismillah itu Rasulullah SAW pernah bersabda serta diriwayatkan Ibnu Mardawaih dari Buraidah. Beliau Rasulullah SAW telah bersabda, “Sudah diturunkan kepadaku satu ayat yang tak pernah diturunkan kepada seorang nabi-pun selain Nabi Sulaiman dan aku, yaitu “Bismillahir-rahmanir-rahiim.”

Khalifah Utsman ibn Affan sudah pernah bertanya pada Rasulullah SAW soal makna dari basmalah, maka Rasulullah SAW pun menjawab, “Sesungguhnya dia ialah salah satu dari nama-nama Allah yang sangat agung, begitu dekatnya dengan basmallah dan nama Allah, sebagaimana dekatnya sebuah biji mata yang hitam dan biji mata yang putih.”

Berikut Ini Beberapa Keutamaan Basmallah

Rasulullah SAW sangat menganjurkan pada seluruh umatnya agar membaca basmallah pada setiap kali mengawali sebuah amalan ataupun aktivitasnya sehari-hari. Dikarenakan bacaan itu memiliki berbagai keutamaan, seperti sebagai berikut:

Basmallah Adalah Kalimat Pembukaan Dalam Al-Qur’an

Allah selalu membuka Kitab Al-Qur’an yang mulia dengan bacaan basmallah pada awalnya di seluruh surat yang ada dalam Al-Qur’an kecuali surat At Taubah, diawali dengan bacaan Basmallah atau Bismillah.

Basmallah Adalah Perisai Dari Adanya Gangguan Syaitan

Syaitan serta bala tentaranya yang bertujuan agar menjerumuskan manusia dari jalan kebenaran yang akan terperdaya saat dibacakan basmallah.

Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum Makan Dan Minum

Mereka yang sudah memulai kegiatan makan serta minum dengan membaca basmallah jadi bisa mencegah syaitan agar turut serta untuk memakan apa yang kita akan makan.

Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum tidur

Hudzaifah R.A sudah pernah berkata: “Kebiasaan (sunnah) dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam saat hendak tidur, beliau selalu saja membaca (بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا) yang berarti Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum berhubungan badan

Rasulullah SAW sudah menjelaskan “Aapbila ada seorang suami yang hendak menggauli istrinya, lalu dia pun membaca doa: ”Dengan (menyebut) nama Allah lalu apabila Allah mentakdirkan (lahirnya) seorang anak dari hubungan intim itu, maka setan tak akan dapat mencelakakan anak itu selamanya.”

Keutamaan Membaca Basmallah Ketika keluar rumah

Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu sudah berkata: “Sesungguhnya Nabi SAW sudah pernah bersabda: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya, lalu membaca (بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ) Maka dia sudah mendapat petunjuk, yang akan tercukupi serta Allah akan menjaganya.”

Keutamaan Membaca Basmallah Ketika hendak membuka pakaian atau masuk ke WC

Rasulullah SAW sudah menjelaskan: Penghalang diantara mata jin dengan aurat bani Adam, yakni apabila kalian masuk sebuah kamar kecil, mereka akan mengucap bismillah.

Keutamaan Membaca Basmallah Ketika hendak menutup makanan atau menyimpan barang-barang berharga

Rosulullah Saw sudah menjelaskan “tutuplah bejana, ikatlah geribah atau tempat menyimpan air yang dibuat dari kulit, tutuplah pintu, matikanlah lentera atau lampu api, serta menyebut nama Allah, dikarenakan sesungguhnya setan tak mampu untuk membuka geribah yang sudah terikat itu, tak bisa membuka pintu, serta tidak juga bisa menyingkap bejana yang sudah tertutup.

Keutamaan Membaca Basmallah Ketika hendak masuk rumah

Rasulullah Saw sudah menjelaskan “Apabila seseorang masuk kedalam rumahnya serta dia mengingat nama Allah saat masuk serta membaca Basmallah jadi tidak akan terdapat tempat bagi setan didalamnya.

Keutamaan Membaca Basmallah Ketika hendak menyembelih hewan

Dikarenakan menyembelih hewan dengan atas nama Allah yang akan memberikan sebuah keberkahan, serta daging yang sudah di sembelih-pun menjadi halal agar di makan. Apalagi saat hari raya qurban, pastikan lah membaca niat untuk menyembelih serta semata dikarenakan Allah SWT.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Tulisan Bismillah semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Agama Islam dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: