Ukuran ID Card

Posted on

Ukuran ID Card – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang umum yang bertemakan Ukuran ID Card untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir.

Banyak sekali kantor-kantor atau pun perusahaan yang mengaharuskan para pegawainya untuk memakai id card sebagai tanda pengenal ataupun yang lainnya, dan untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya dibawah ini.

Pengertian ID Card

Ukuran ID Card

ID card ialah salah satu komponen perlengkapan didalam kesekretariatan yang biasanya dipakai dalam sebuah acara. Penggunaan dari ID card ini bertujuan agar menunjukkan nomor, nama serta juga tugas. Selain dipakai untuk kegiatan ataupun acara-acara yang tertentu, ID card ini pula digunakan sebagai sebuah kartu identitas untuk pelajar ataupun mahasiswa, kartu identitas dari karyawan, kartu anggota organisasi serta masih banyak lagi kegunaannya.

Penggunaan dari ID Card di dalam sebuah acara ialah bagian penting yang tak boleh dilewatkan dikarenakan termasuk didalam salah satu komponen perlengkapan pada bidang kesekretariatan. Penggunaan ID Card ini dapat dipakai agar menunjukkan nama, nomor, ataupun tugas dari pemakainya.

Selain dari pemakaiannya untuk kegiatan-kegiatan yang tertentu, ID Card yang juga kerap dipakai sebagai sebuah kartu identitas untuk karyawan, pelajar atapun mahasiswa, ataupun kartu anggota dari sebuah organisasi, serta banyak lainnya. ID card mempunyai ukuran yang sangat bervariasi yang sudah disesuaikan dengan permintaan dari sebuah lembaga ataupun instansi ataupun oleh perorangan.

Fungsi ID Card

ukuran id card b4 di word

Siapa sih yang tak tahu dengan ID card? Hampir semua orang pastinya sudah tahu tentang benda kecil yang mempunyai fungsi sebagai sebuah tanda pengenal yang juga disebut id card ini. Sudah dari sejak lama ID card ini sudah dikenal, akan tetapi seiring dari berkembangnya zaman ini banyak sekali dibutuhkan masyarakat.

ID card sendiri memiliki fungsi yang begitu penting untuk melengkapi berbagai hal. ID card fungsinya sebagai tanda pengenal dari identitas diri serta bukti kepengurusan yang biasanya itu dipakai didalam kepentingan-kepentingan komersil.

Wujud dari pada kepentingan komersil itu berupa sebuah kartu kredit ataupun debit, kartu member keluaran dari sebuah perusahaan perbelanjaan ataupun kartu yang dipakai didalam permainan. Tanpa adanya sebuah ID card, maka kita pastinya merepotkan untuk menunjukkan sebuah tanda pengenal ataupun menandai sebuah jabatan dari sebuah organisasi.

Apakah kalian pernah menjumpai orang yang memiliki banyak id card yang ada di dompetnya? Bahkan didalam satu dompet ada berbagai macam ID card dengan berbagai macam ukuran. Semua id card dari berbagai ukuran itu mempunyai fungsi yang juga berbeda-beda.

ID card itu biasanya selalu terdapat di dompet yakni KTP, SIM serta kartu kredit ataupun debit. Bahan dari pada id card itu sendiri biasanya sangat kaku dan juga tebal yang terbuat dari kertas ataupun karton. ID card ini biasanya pula kedap air dikarenakan unsur plastik yang sudah terkandung di dalamnya agar fungsi dari id card jauh lebih optimal.

ID Card untuk Ukuran Kartu Nama

ukuran id card b3 di word

Salah satu dari tanda pengenal untuk orang-orang yaitu kartu nama yang termasuk didalam golongan id card lunak yang yang ada di dalamnya berisikan identitas dan juga pekerjaan. Kartu nama sendiri yang biasanya dipakai sebagai sebuah alat agar mempelancar didalam sebuah pertemuan bisnis perusahaan.

Tapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa snaya kartu nama pula dipakai oleh kru ataupun masyarakat umum. Kartu nama itu bertujuan supaya dapat lebih memunculkan kesan

Ukuran dari sebuah kartu nama yang sudah beredar di Indonesia sendiri biasanya mempunyai panjang 90 mm dan lebar 55 mm dan juga ukuran panjang 80 mm yang lebarnya 53 mm. Sebelum pencetakan kartu itu, dirancang dahulu dengan memakai ukuran pixel yaitu 1063 pixels dengan 650 pixels yang dimana sudah menyesuaikan 300 dpi.

Jenis-jenisnya dan Ukuran ID Card

Supaya jauh lebih jelasnya, maka kami juga paparkan ukuran serta juga jenis id card yang selama ini sudah beredar didalam masyarakat.

1. KTP ( Kartu Tanda Pengenal )

ukuran id card b5 dalam cm

KTP yang terdapat di Indonesia sendiri pada saat ini sudah beralih yang menjadi e-KTP ataupun KTP elektronik yang pada masa berlakunya menjadi seumur hidup.

Ukuran dari sebuah e-KTP itu sendiri pada saat ini sudah disesuaikan yang berstandar ISO 7810 yaitu berukuran panjang 85.60 mm lalu lebar 53.98 mm. Sedangkan KTP yang dahulu memakai satuan ukuran pixels yaitu 1011 pixels dan juga 638 pixels.

2. ID Card Ukuran Standar Internasional

ukuran id card b2 dalam cm

Salah satu dari hal yang begitu penting yaitu mengetahui berbagai macam jenis ukuran dari ada id card yang telah ditetapkan secara global. Standar ukuran yang sudah mendunia dari id card sendiri sudah diatur oleh International Organization of Standard ataupun ISO yaitu sebuah badan International yang kerjanya di dalam pencetusan sebuah pengaturan standar termasuk juga ukuran id card.

Ukuran ID card yang pertama yaitu ukuran 000 ataupun yang jauh lebih dikenal serta disebut dengan ukuran ID card 4 ataupun juga tipe CR80. Tipe ukuran itu ialah ukuran yang sangat kecil dari pada standar ISO yaitu hanyalah berdimensi 15 mm x 25 mm ataupun sama dengan 1,5 cm x 2,5 cm.

3. ID Card Organisasi

ukuran id card b6

ID card organisasi itu menjadi benda yang begitu penting seperti dikepanitiaan ataupun kepengurusan. ID card yang sudah difungsikan sebagai sebuah name tag kepengurusan organisasi ataupun kepanitiaan acara banyak sekalian varian ukurannya. Bagi ukuran id card ataupun kartu tanda peserta ataupun panitia memiliki panjang 97.00 mm dan lebarnya 137.00 mm.

Selain itu terdapat juga ukuran yang lainnya yaitu panjang 95.00 mm yang lebarnya 119.00 mm, panjang 81.00 mm dan lebar 112.00 mm serta ukuran panjang 58.00 mm dan lebarnya 86 mm. Ukuran yang dipakai di id card yang lainnya ternyata sudah memakai standar penomoran.

Cara Membuat ID Card

ukuran id card b1

Secara umumnya, pembuatan ID card juga harus menyesuaikan ukuran dari kebutuhan para penggunanya. Sedangkan untuk masalah desain sendiri, maka pembuatan dari kartu nama tersebut dapat dipercayakan pada ahlinya yaitu pada desainer.

Bagi hal-hal yang sangat wajib dicantumkan pada id card ialah data diri lengkap contohnya nama, alamat, kontak dan juga judul kartu nama itu. Kartu nama yang terdapat di Indonesia yang berdasarkan standar ukuran id card itu biasanya mempunyai dimensi kurang lebih panjangnya 90 mm dan lebarnya 55 mm.

Sedangkan untuk versi konvensi Indonesia ataupun versi percetakan, maka ukuran yang dipakai didalam pembuatan kartu nama terdapat yang mengatakan panjang 88 mm dan lebar 53 mm. Akan tetapi untuk ukuran kartu namanya sendiri yang sebenarnya terserah dari diri kita yang akan memakai standar dariukuran yang mana.

Apakah memakai standar versi percetakan ataupun SNI (standar nasional Indonesia). Apabila dibutuhkan lubang dibagian badan id cardnya, maka kami sarankan untuk kalian untuk memakai hole maker yang biasanya itu dijual pada pasaran yang berciri-ciri berbentuk 2 lubang bulat serta oval.

Membuat ID Card di Photoshop

ukuran id card di word

Apabila pembuat id card memiliki daya kreativitas didalam mendesain yang cukup tinggi, jadinya sebaiknya id card dibuat menggunakan aplikasi Photoshop. Sedangkan didalam pengerjaannya harus dikerjakan secara serius agar hasilnya itu sangat optimal. Lebih disarankan agar memakai standar ukuran id card yang sudah diakui oleh ISO ataupun standar nasional.

Akan tetapi apabila masih ragu-ragu ataupun masih belum faham dari cara pengaturan ukuran di id card yang dibuat pada Photoshop, sebaiknya ikutilah langkah-langkahnya yang berikut ini.

  • Bukalah apk Photoshop dengan versi berapa pun yang telah terinstall, baik itu pada laptop ataupun di komputer.
  • Lalu buatlah layer ataupun lembar kerja baru yang menekan secara bersamaan di tombol CTRL+N. Ataupun cara manualnya dengan cara memilih menu pada bar “file” serta klik “New” yang ada pada bagian kiri atas. 
  • Selanjutnya jendela baru di Photoshop itu dibuat dengan cara pengaturan height serta width sesuai dari ukuran yang kalian inginkan. Kalian juga dapat melakukan searching di internet agar mengetahui standar dari ukuran di id card agar dimensi panjang serta lebarnya dapat sesuai.
  • Laly tekan OK serta jadilah lembar kerja baru yang sesuai dari ukuran id card. Selanjutnya itu siap untuk didesain. Sedangkan untuk cara mendesain id card itu sendiri pula cukup mudah yaitu hanya dengan cara men-drag foto yang sudah dipilih agar dicetak ke dalam lembar kerja baru ataupun layer itu.

Selesai sudah pembahas kali ini semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari cara membuat ID Card dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: