Vektor : Pengertian, Jenis, Sifat, Besar Nilai dan Contohnya

Posted on

MateriBelajar.co.id – Pada artikel kali ini kita akan membahas materi tentang vektor, baik itu pengertiannya, jenis, sifat, besar nilai dan contohnya. Vektor terdapat juga pada pelajaran Fisika dan Matematika. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, marilah kita simak pembahasan berikut ini.

macam-macam vektor

Pengertian

Vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai dan arah. Penggambaran vektor berbentuk panah yang menunjukan arah vektor dan panjang garisnya disebut sebagai besar vektor.

Misalkan sebuah vektor Z yang berawal dari titik A(x_1,y_1) menuju titik B(x_2,y_2) dapat digambarkan koordinat cartesius dibawah. Panjang garis sejajar sumbu x adalah v_1 = x_2 – x_1 dan panjang garis sejajar sumbu y adalah v_2 = y_2 – y_1 merupakan komponen-komponen vektor Z.

gambar vektor

Jenis-jenis

Dibawah ini terdapat beberapa jenis-jenis vektor, yaitu :

1. Vektor Posisi
Vektor Posisi adalah suatu vektor yang posisi titik awalnya berada di titik 0 (0,0) dan titik ujungnya berada di titik A (a_1,a_2)

2. Vektor Nol
Suatu vektor yang panjangnya nol dan dinotasikan \bar{0}. Vektor nol tidak memiliki arah vektor yang jelas.

3. Vektor satuan
Suatu vektor yang panjangnya satu satuan. Vektor satuan dari \vec{v} = \left(\begin{array}{r} v_1\\ v_2\end{array}\right) adalah:
\bar{U_v} = \frac{\bar{v}}{\mid\bar{v}\mid} = \frac{1}{\mid\bar{v}\mid}\left(\begin{array}{r} v_1\\ v_2\end{array}\right)

4. Vektor basis
Vektor basis adalah suatu vektor yang satuannya saling tegak lurus. Misalkan dalam vektor ruang dua dimensi (R^2) memiliki dua vektor basis yaitu \bar{l} = (1,0)dan \bar{j} = (0,1).

Cara Menuliskan Notasi Vektor :

Berikut ini adalah cara menuliskan notasi vektor. Bentuk penulisan simbol vektor dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut:
1. Disimbolkan dengan 2 huruf besar. Kemudian diberi tanda anak panah diatasnya.
2. Disimbolkan dengan 2 huruf besar yang penulisannya ditebalkan.

Macam-Macam Vektor di dalam ilmu fisika, ada dua macam, yaitu vektor sejajar serta juga vektor berlawanan. Perhatikan gambar berikut ini untuk melihat macam-macam vektor :

macam vektor

  • Vektor sejajar adalah dua vektor atau lebih yang memiliki arah serta juga besar yang sama.
  • Vektor berlawanan adalah dua atau lebih vektor yang memiliki besar yang sama namun arahnya berlawanan.

Sifat-Sifat

sebuah vektor memiliki sifat-sifat, berikut ini adalah sifat-sifat dari vektor itu sendiri:

1. Dapat dipindahkan
2. Dapat dijumlahkan
3. Dapat dikurangkan
4. Dapat diuraikan
5. Dapat dikalikan

Besar Vektor

Selain memiliki arah, vektor juga memiliki besaran atau nilai. Besar vektor disimbolkan dengan huruf yang ditulis miring tapi tidak ditebalkan dan tidak ada tanda panah diatasnya.

Ada dua jenis vektor jika dilihat dari operasinya, yaitu sebagai berikut:

a. Penjumlahan Vektor
Penjumlahan vektor adalah menentukan sebuah vektor yang kompononenya adalah jumlah dari kedua komponen vektor pembentuknya, menentukan resultan dari 2 vektor. Ada 2 jenis vektor dalam penjumlahan vektor, yaitu Vektor Segaris dan Vektor Tidak Segaris.

penjumlahan vektor

b. Pengurangan Vektor
Pengurangan vektor adalah salah satu vektor yang mempunyai atau memiliki arah yang berlawanan. Contohnya : Misalkan Vektor A bergerak ke arah kanan dan Vektor B bergerak ke arah kiri, maka resultannya adalah R = A + (-B) = A – B.

pengurangan vektor

Pada penjumlahan vektor terdapat sifat komutatif dan asosiatif, sedangkan untuk pengurangan dua buah vektor tidak berlaku dua sifat tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang Vektor : Pengertian, Jenis, Sifat, Besar Nilai dan Contohnya. Semoga ilmu pengetahuan anda tentang vektor lebih bertambah dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :