Vivipar – Pengertian, Ciri, Cara Berkembang, dan Contoh

Posted on

Pengertian Vivipar – Vivipar merupakan perkembanganbiakan hewan dengan cara melahirkan. Embrio ini berkembang di dalam tubuh iduknya dan memperoeh makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Vivipar mulai dari Pengertian Vivipar, Ciri Ciri Hewan Vivipar, Cara Perkembangbiakan Hewan Vivipar, dan Contoh Hewan Vivipar di bawah ini.

Vivipar

Pengertian Vivipar

Vivipar merupakan perkembanganbiakan hewan dengan cara melahirkan. Embrio ini berkembang di dalam tubuh iduknya dan memperoeh makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. Setelah embrio atau anak hewan ini cukup umur kemudian akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan. contoh hewan vivipar yaitu mamalia, seperti kambing, kucing, kuda , kelinci, paus, dan sebagainya.

Ciri Ciri Hewan Vivipar

Agar kita bisa mengetahui atau menjadi bahan perbedaan antara hewan vivipar dengan hewan jenis lainnya, maka perhatikanlah ciri ciri hewan vivipar di bawah ini :

  1. Memiliki kelenajar susu atau puting susu
  2. Biasanya hewan vivipar memiliki rambut atau bulu di seluruh tubuhnya.
  3. Memiliki daun telinga
  4. Memiliki puting susu
  5. Kelompok hewan Mamalia
  6. Janin anak tumbuh didalam Rahim hewan
  7. Induk mengandung dan melahirkan anaknya

Cara Perkembangbiakan Vivipar

Cara perkembangbiakannya disini kami ambil contoh Sapi & Kucing. Sapi adalah kelompok hewan mamalia yang cara perkembangbiakannya yaitu dengan cara melahirkan anaknya. Sebelum sapi tersebut melahirkan tentunya ada asal usulnya kenapa sapi tersebut bisa melahirkan, sebelum sapi tersebut hamil kemudian melahirkan pada awalnya sapi tersebut disilangkan antara sapi jantan dan sapi betina. Dari proses persilang itulah sapi betina kemudian mengandung janin yang ada di Rahimnya tersebut.

Dan setelah sapi betina tersebut mengandung janin  selama berbulan-bulan, hingga sampai pada waktunya janin yang dikandung  tersebut berubah menjadi sapi kecil dan kemudian sapi beina tersebut melahirkannya ke dunia ini, sapi mampu melahirkan 1-2 anak sapi. Setelah anak sapi itu lahir terkadang anak sapi tersebut menyusu pada induknya untuk mendapatkan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhannya. Itulah kurang lebih proses perkembangbiakan sapi.

Tidak jauh berbeda dengan proses perkembangbiakan sapi, proses perkembangbiakan yang dialami oleh kucing yang cenderung sama dengan proses perkembangbiakan sapi, hampir tidak ada perbedaan mengenai proses perkembangbiakannya mulai dari persilangan hingga melahirkan, akan tetapi ada sedikit perbedaan pada proses perkembangbiakan kucing, yaitu kucing biasanya mampu melahirkan 3-4 anak kucing.

Contoh Hewan Vivipar

Berikut ini adalah beberapa contoh hewan-hewan vivipar :

1. Kucing

Cara berkembang biak kucing

Kucing merupakan hewan yang masih sebangsa dengan harimau. Beberapa orang menganggap bahwa kucing merupakan harimau versi kecil. Jenis dan spesies kucing hingga saat ini sudah lumayan banyak, mereka sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Banyaknya spesies dan jenis yang ada disekitar kita ini tidak lain dikarenakan reproduksinya yang sangat cepat.

Kucing yang sudah melakukan proses reproduksi ketika masa kawin biasanya akan mengandung calon anaknya dalam jangka waktu kurang lebih 65 hari. Dimana dalam sekali kehamilan, biasanya akan menghasilkan 2-4 atau bahkan lebih bayi kucing.

2. Unta

Cara berkembang biak unta

Unta merupakan hewan yang memiliki harapan hidup cukup tinggi, yaitu sekitar 30-50 tahun. Ciri khas yang dimilikinya yaitu memiliki punuk di tubuhnya dan satu-satunya hewan yang mampu menyimpan air dalam tubuhnya dalam jumlah yang cukup banyak. Masa kehamilan unta bisa dibilang cukup lama, mereka membutuhkan waktu sektiar 13 sampai dengan 15 bulan untuk mengandung anaknya hingga lahir.

3. Kelelawar

Cara berkembang biak kelelawar

Kelelawar merupakan hewan noktural yang masuk pada contoh hewan vivipar, karena hewan ini juga merupakan hewa yang cara perkembangbiakannya dengan cara melahirkan. Meskipun hewan ini tergolong bangsa hewan yang bisa terbang seperti halnya burung, akan tetapi kelelawar justru tidak bertelur, mereka justru melahirkan. Adapun jangka waktu kelelawar mengandung yakni selama 1,5-6 bulan, tergantung dari jenis kelelawar tersebut dan juga tempat tinggalnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Hewan Vivipar. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :