Warna Pelangi

Posted on

Apa itu pelangi? Pelang merupakan warna langit yang akan kerapkali datang setelah turunnya hujan. Warna pelangi hampir tidak memiliki celah untuk menyuguhkan keindahannya.

warna pelangi

Pelangi sangat populer di kalangan masyaraka bahkan hingga di jadikan sebuah lagu. Pastinya semua orang  sangat menyukai pelangi karena keindahanya yang tidak bisa di nikamti setiap waktu.

Pelangi di kenal warnanya yang indah yakni memiliki 7 warna diantarnya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Kebradaan pelangi sangat di tunggu oleh banyak orang, karena memang sangat jarang fenomena pelangi ini terjadi.

Banyak beberapa mitos yang terjadi pada fenomena alam yang indah ini. namun mitos yang terkenal adalah beberapa bidadari yang mandi di sungai.

Pembentukan Warna Pelangi

Setiap fenomen alam yang terjadi di bumi ini adalah salah satu hal yang memiliki arti. Tentunya fenomena alam di dunia ini tidak lepas dari sebuah pembentukan.

Keberadaan pelangi menjadi buah bibir banyak orang apalagi tentang pembentukannya. Beberpa orang meyakini bahwa pembentukan warna pelangi berawal dari air yang di udara dengan cahaya matahari.

Faktanya memang cahaya matahari memiliki banyak warna maka inilah yang menjadikan mata manusia dapat menangkap tujuh warna yang ada pada sinar matahari. 

Penelusuran yang terkait dengan warna pelangi

Air yang ada pada udara memiliki peran sebagai prisma sedangkan cahaya matahari berperan sebagai polikromatik. Itulah kurang lebihnya penjelasan mengenai pembentukan warna pelangi yang sering anda lihat.

4 Fakta Warna Pelangi

Pelangi memiliki beberapa fakta yang cukup menarik yang belum banyak orang mengetahuinya diantaranya adalah :

Terdiri Dari Jutaan Warna

Fakta yang pertama adalah bahwa pelangi memiliki banyak warna bukan hanya tujuh warna, sungguh mencengangkan bukan? Namun bagaimana bisa kita hanya bisa melihat 7 warna yang ada pada pelangi.

Hal ini di karenakan keterbatasan mata manusia yang hanya bisa mengangkap  warna saja yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Berjuta warna yang ada pada pelangi namun hanya warna tertentu saja yang bisakita tangkap , hal ini sangatlah wajar.

Namun, beberapa orang tidak dapat di pungkiri bahwa mereka memiliki kecerdasan untuk membuat sebuah mesin atau alat canggih. Tentunya mereka dapat membuat sebuah alat yang bisa melihat pelangi lebih jelas lagi.

Tentunya mereka dapat membuat sebuah alat yang bisa melihat pelangi lebih jelas lagi.

Pelangi Nampak Berbeda-beda Di Setiap Mata Orang

Fakta selanjutnya bahwa sebenarnya pelangi memiliki warna yang berbeda pada mata setiap orang yang melihatnya. Namun untuk bentuk umum dari pelangi tentu adalah setengah lingkaran.

Nah, faktanya bahwa bentuk lingkaran ini berbeda pada setiap orang yang melihatnya seperti berbeda- beda. Hal ini tak lepas karena jarak dan posisi seseorang yang melihat fenomena pelangi tersebut.

Selain posisi, adapula faktor lainnya yakni cahaya yang telah di pantulkan pada rintik hujan. Hal ini juga dapat membuat seseorang berbeda – beda melihat bentuk pelangi.

Maka jika nanti ada yang menyatakan bentuk pelangi berbeda – bedaanada tidak perlu bingun lagi karena ada faktor penyebabnya.

Posisi Matahari Mempengaruhi Warna Dan Bentuk Pelangi

Jika fakta sebelumnya bahwa perbedaan bentuk pelangi di karenakan oleh pandangan seseorang. Maka kali ini faktor lainnya karena dipengaruhi oleh posisi dari matahri itu sendiri.

Posisi matahari akan mempengaruhi  warna dan bentuk dari pelangi tersebut. hal ini sudh banyak di buktikan oleh beberapa orang yang melihat pelangi dalam keadaan sempurna.

Biasanya bentuk pelangi seperti samar – samar bahkan adapula yang bentuknya kecil. Posisi matahari memang sangat berpengarh terhadap kesempurnaan bentuk pelangi.

Namun anda tak perlu khawatir karena posisi pelangi secara sempurna dapat anda lihat dari sudut 42 derajat. Biasnaya kondisi ini adalha pada saat pagi dan sore hari, maka anda bisa melihatnya di waktu tersebut.

Pelangi Tidak Hanya Satu Jenis

Fakta mencengangkan lainnya adalah bahwa pelangi ini sebenarnya memiliki beberapa jenis bukan hanya 1 jenis yang biasa kita lihat. Hal ini karena pelangi ini memiliki kurang lebih 3 jenis yakni circular rainbow, red rainbow  dan pelangi pagi hari.

Circular rainbow memiliki  4 warna dan hanya bisa muncu pada malam hari. Jenis pelangi satu ini karena terjadinya pantulan pada cahaya bulan. Selanjutnya Red rainbow adalah pelangi yang akan menampakan dirinya pada saat menjelang senja (pada waktu akan meghrib).

Pelangi jenis ini memiliki warna atmosfer ynag bisa berubah  ke biru. Selain itu hasil pembiasannya akan berwarna orange kemerah – merahan. Biaasnaya pelangi ini di kenal dengan pelangi senja.

Jenis pelangi selanjutnya adalah pelangi yang muncul pada pagi hari, siang ataupun sore setelah terjadinya hujan. Pelangi ini tentunya sudah sangat di kenal di kalangan masayarakat.

Nah itulah beberapa fakta yang sangat menarik yang perlu anda ketahui, tentunya andapun tercengang bukan mengenai fakta pelangi ini.

F.A.Q

Apa itu pelangi?

Pelang merupakan warna langit yang akan kerapkali datang setelah turunnya hujan. Warna pelangi hampir tidak memiliki celah untuk menyuguhkan keindahannya.

BACA JUGA