Zygomycota

Posted on

Zygomycota – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan membahas tentang pelajaran Biologi yang bertemakan Zygomycota untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Pengertian Zygomycota

Zygomycota

Nama Zygomycota yang asalnya dari jenis perbanyakan diri seksual,terutama di pembentukan zigospora. Jamur ini sudah dinamakan Zygomycota dikarenakan membentuk spora istirahat yang sudah berdinding tebal yang disebut dengan zygospora.

Zygospora ialah hasil peleburan yang menyeluruh diantara dua gametangium yang sama ataupun berbeda. Zygomycota ialah tumbuhan jamur yang terdiri atas benang-benang hifa yang sudah bersekat, tetapi terdapat pula yang tak bersekat.

Jamur ini sifatnya senositik yakni hifa yang mengandung banyak inti serta tidak memiliki sekat melintang, jadi hifa yang berbentuk satu tabung halus yang sudah mengandung protoplast dan banyak inti. Serta bisa membentuk struktur dorman bersfat yang sementara yang disebut dengan zigospora.

Struktur Zygomycota

Struktur Zygomycota

Struktur dari zygomycota terdiri atas hifa yang tak bersekat. Bagian dari hifa yang berdiferensiasi sehingga bisa membentuk sporangium. Pembentukan sporangium yang dipengaruhi oleh sporangiofor.

Pengertian sporangium ialah organ yang akan menghasilkan spora vegetatif. Di zygomycota terdapat organ reproduksi yang dapat disebut dengan zigosporangium.

Bentuk organ reproduksi zygomycota yang berdinding tebal dengan warna yang kehitaman. Adapun struktur dari tubuh zygomycota dia mempunyai tubuh buah.

Reproduksi Hidup Zygomycota

Reproduksi Hidup Zygomycota

Reproduksi aseksual

  1. Apabila dinding sporangium yang melarut, jadi sporangiospora akan dibebaskan.
  2. Sporangiospora yang berkecambah lalu berkembang menjadi organisme dengan hifa yang somatik.
  3. Ujung sporangiosfor yang berkembang menjadi sebuah sporangium yang berisikan banyak sporangiospora.

Reproduksi seksual

  • Reproduksi seksual yang mensyaratkan terdapatnya dua lawan jenis yang serasi (+ dan -). Apabila kedua tipe ini saling bersentuhan satu dan yang lain, terbentuklah sebuah progametangium.
  • Lalu terjadi septum didekat ujung dari setiap progametangium, yang memisahkannya menjadi dua sel, gametangium serta sel suspensor.
  • Dinding kedua gametangium yang sudah bersentuhan itu melarut dititik sentuh, kedua protoplasma yang bercampur (plasmogami).
  • Lalu nukleus (+) serta (–) melebur (kariogami) agar menghasilkan banyak sekali nukleus zigot. Struktur yang sudah mengandungnya dinamakan dengan senozigot.
  • Dinding yang akan mengelilingi senozigot menebal lalu permukaannya itu menjadi hitam serta berkutil-kutil, maka terbentuklah zigospora, yang tetap saja dorman 1 sampai 3 bulan.
  • Sesudah berkecambah, terbentuklah organisme yang baru. Meiosis berlangsung selama proses yang perkecambahan.

Ciri Zygomycota

Ciri Zygomycota

Berdasarkan ciri-ciri dari zygomycota yakni sebagai berikut

  • Spora seksual dan zigospora
  • Spora aseksual dan sporangium,
  • Dinding tebal serta tidak bersepta
  • Tubuh tersusun dari miselinium yang bercabang banyak
  • Habitat tempat hidupnya lembab
  • Spora yang akan istirahat membentuk dinding tebal yang berupa zigospora,
  • Sel termasuk dari kategori multiseluler.

Manfaat Zygomycota Bagi Kehidupan

Manfaat Zygomycota Bagi Kehidupan

Zygomycota mempunyai beberapa manfaat yang sangat menguntungkan ataupun merugikan untuk makhluk lain seperti halnya manusia serta hewan.

Jamur Roti (Rhizopus nigricans)

Jamur Rhizopus nigiricans ialah jamur yang bisa tumbuh didalam roti sebagai dari dampak bioteknologi didalam bidang pangan. Kehadiran roti yang biasa kita jumpai sebagai sebuah makan sehari-hari terutama pada pagi hari ataupun sebagai penganan ringan.

Bentuk spora dan hifa yang tak bersekat lalu berwarna perak bisa membentuk sebuah massa bercabang di roti. Proses dari Rhizopus nigricans bisa tumbuh didalam roti dimulai dari sekresi pada enzim pencernaan di rizoid sehingganya gula serta tepung terurai.

Lalu rizoid yang membentuk senyawa kimia yang merubah roti berwarna hitam, berbau serta berubah rasa. Kondisi ini bisa menghasilkan sporangium didalam jumlah yang banyak. Saat dikondisi sporangium sudah matang jadi spora melakukan reproduksi dengan aseksual menggunakan cara konjugasi.

Jamur Pilobolus

Jamur zygomycota yang ber jenis ini biasa hidup didalam kotoran hewan. Proses pembentukan pilobolus yang bermanfaat supaya kotoran jauh lebih cepat terdekomposisi. Kebutuhan ditempat hidup yang sudah memerlukan cahaya bisa mendukung proses jamur pilobolus agar tetap hidup.

Jamur Tape (Mucor javanicus)

Pembentukan dari jamur Mucor javanis biasanya dimanfaatkan didalam proses pembuatan tape. Proses dari Mucor javanis dapat dimanfaatkan menjadi tape menggunakan cara memfermetasi karbohidrat yang menjadi substrat yang sangat sederhana yakni terjadinya pada pembentukan glukosa.

Jamur Tempe (Rhizopus stolonifer)

Jamur dari zygomycota yang jenis Rhizopus stolonifer ialah paling dikenal di masyarakat. Rhizopus stolonifer mempunyai fungsi sebagai jamur didalam pembuatan tempe.

Kita semua banyak sekali mengetahui bahwa sanya pembuatan tempe memakai jamur Rhizopus stolonife ialah hasil dampak postitif dari bioteknologi. Pembentukan dari jamur ini diawali dari proses reproduksi secara aseksual serta seksual.

Produksi aseksual yang terjadi disaat sporangium yang bersifat mitotik, dimana dinding dari sporangium pecah serta spora jatuh ditempat lain. selanjutnya spora itu bergerminasi menjadi jamur.

Proses dari pembentukan jamur tempe dengan cara seksual ditandai  dari adanya gametangium postifi serta negatif bertemu. Pertemuan keduanya yang menghasilkan fertilisai berupa zigot. Selanjutnya itu terjadi pembelahan meiosis yang dimana zigospora dari zigot yang menjadi jamur.

Jamur Mucor sp

Jamur jenis ini dapat dimanfaatkan didalam pembuatan roti. Proses pembuatan keju memakai Mucor sp yang diawali dengan cara hidup dengan saprofit.

Lalu Mucor sp yang melakukan reproduksi lalu membentuk zigospora yang asalnya dari penggabungan hifa. Selanjutnya hifa yang akan melindungi diri dengan dinding yang tebal lalu kuat sehingga spora dapat bertahan didalam proses pengeringan dalam waktu yang sangat lama.

Jamur Pematangan Buah (Rhizopus nigricans)

Proses pematangan dari buah memakai jamur jenis zygomycota biasa dilaksanakan memakai Rhizopus nigricans. Jamur ini tak hanya ada pada roti. Cara kerja jamur ini supaya dapat mematangkan buah dengan menghasilkan dari asam fumarat.

Contoh Zygomycota dan Peranannya

peranan zygomycota

1. Rhizopus sp

Mampu untuk memecah amilum yang menjadi dekstrosa, protein, serta lemak didalam kedelai menjadi molekul yang jauh lebih kecil. Apabila tumbuh dimakanan ataupun buah-buahan bisa bersifat merugikan dikarenakan mengakibatkan pembusukan. Beberapa dari jenis Rhizopus yakni sebagai berikut.

  • Rhizopus stolonifer ialah jamur yang biasa tumbuh diroti basi.
  • Rhizopus oligosporus serta Rhizopus oryzae ialah jamur yang membantu didalam pembuatan tempe.
  • Rhizopus nigricans mampu untuk menghasilkan asam fumarat serta biasa tumbuh didalam tomat.

2. Mucor mucedo

Banyak sekali ditemukan dikotoran ternak. Di struktur jamur Mucor antara sporangium serta sporangiofor dipisahkan sekat menonjol yang disebut dengan kolumela.

3. Mucor hiemalis. berperan didalam fermentasi susu kedelai.

4. Pilobolus. hidup dikotoran hewan yang sudah terdekomposisi

5. Beauveria bassiana berperan sebagai sebuah parasit diwereng.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang zygomycota semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Biologi dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: